Daerah

Warga Asing Terpesona dengan Keunikan Produk UMKM Gunung Mas

Avatar of Ahmad Azzam
299
×

Warga Asing Terpesona dengan Keunikan Produk UMKM Gunung Mas

Sebarkan artikel ini
Warga Asing Terpesona dengan Keunikan Produk UMKM Gunung Mas

Betang.id – Sebuah rombongan dari United Evangelical Mission (UEM) yang terdiri dari warga negara asing mengunjungi Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dan memberikan apresiasi tinggi terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat. Kunjungan ini menjadi momen berharga ketika mereka diberikan cendera mata langsung oleh Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong.

Dalam wawancara di Kuala Kurun pada hari Kamis, Charlotte, seorang warga Rwanda, Afrika, menyatakan keterkesanannya terhadap keunikan produk UMKM Gunung Mas yang diterimanya. “Saya senang mendapat cendera mata yang sangat bagus ini. Di negara saya juga ada yang serupa, hanya saja bahan pembuatannya berbeda,” ujarnya sembari menunjukkan tas tangan berbahan kulit dan anyaman rotan yang menjadi hadiahnya.

Menurut Charlotte, terdapat kemiripan antara produk UMKM Gunung Mas dengan produk UMKM dari Rwanda, meskipun bahan yang digunakan berbeda. Produk UMKM Gunung Mas menggunakan anyaman rotan, sementara produk Rwanda cenderung menggunakan daun pisang. Karena perbedaan tersebut, ia merasa senang mendapatkan cendera mata yang unik dari Gunung Mas.

Alberto, warga Botswana, Afrika, juga mendapat cendera mata serupa, yang membuatnya teringat akan negara asalnya karena memiliki produk mirip dengan UMKM Gunung Mas. Alberto menyatakan rasa syukurnya atas hadiah yang mencerminkan nuansa budaya lokal.

Rombongan UEM, yang mengunjungi Gunung Mas untuk mempelajari masyarakat hukum adat (MHA) dan hutan adat, dijadwalkan akan berdiskusi dengan damang dan mantir. Mereka juga akan mengunjungi Desa Tumbang Anoi Kecamatan Damang Batu dan Desa Tumbang Malahoi Kecamatan Rungan.

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, mengungkapkan bahwa cendera mata yang diberikan berupa tas tangan dengan tulisan ‘Kabupaten Gunung Mas’ dan dilengkapi dengan bendera Indonesia. Pemerintah Kabupaten Gunung Mas memberikan perhatian serius terhadap pengembangan, promosi, dan pemasaran produk UMKM lokal. Salah satu langkahnya adalah dengan menjadikan produk UMKM sebagai cendera mata bagi para tamu yang mengunjungi kabupaten tersebut.

“Untuk mendukung pemasaran produk-produk lokal kita, pemerintah kabupaten menyiapkan gedung showroom Dekranasda Gunung Mas yang terletak di Kuala Kurun. Bagi siapa saja yang ingin membeli produk khas Gunung Mas bisa berkunjung ke sana,” tambah Jaya.

ikuti kami di google news