Berita

Operator Seluler Setujui Starlink untuk Berikan Akses Internet di Daerah Terpencil RI

Avatar of Enny Riana
215
×

Operator Seluler Setujui Starlink untuk Berikan Akses Internet di Daerah Terpencil RI

Sebarkan artikel ini
Operator Seluler Setujui Starlink untuk Berikan Akses Internet di Daerah Terpencil RI

Betang.id – Pertumbuhan teknologi di bidang telekomunikasi semakin pesat di Indonesia. Dalam sebuah kesepakatan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), operator seluler setuju untuk memperkenalkan layanan internet Starlink di daerah pelosok Indonesia.

Starlink, sebuah teknologi satelit Low Earth Orbit (LEO), dipilih karena jangkauannya yang luas dan latensi yang lebih cepat dibandingkan dengan satelit Geostationary Earth Orbit (GEO).

Dalam sebuah wawancara di XL Axiata Tower, Jakarta, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menjelaskan alasan di balik dukungan perusahaan terhadap Starlink.

Menurut Dian, Starlink cocok digunakan di daerah pedesaan karena opsi lain seperti microwave cenderung lebih mahal.

Namun, jika teknologi Starlink semakin berkembang dan harga menjadi lebih terjangkau, maka akan menjadi pesaing bagi operator seluler lainnya.

Dian juga menekankan pentingnya pemerintah untuk memastikan persaingan yang sehat dan adil di pasar telekomunikasi.

Seiring dengan rencana Starlink masuk ke pasar ritel Indonesia, XL Axiata mendorong pemerintah untuk tetap memegang prinsip kesetaraan dalam industri ini.

Dalam keterangan sebelumnya, Kementerian Kominfo mengungkapkan bahwa Starlink telah memenuhi persyaratan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menjelaskan bahwa pemerintah ingin memastikan bahwa setiap pemain dalam industri ini memiliki kesempatan yang sama dengan prinsip keadilan sebagai prioritas utama.

Dengan langkah ini, diharapkan akses internet di daerah terpencil di Indonesia dapat semakin meningkat.

Rakyat Indonesia di seluruh pelosok negara akan mendapatkan manfaat dari teknologi canggih ini, yang hadir untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan akses informasi bagi semua orang.

Selain itu, diperlukan koordinasi yang baik antara pemerintah, operator seluler, dan Starlink untuk memastikan implementasi layanan internet ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.