Tips and Trik

Mudah dan Cepat! 3 Cara Screenshot di Macbook Tanpa Aplikasi

280
Mudah dan Cepat! 3 Cara Screenshot di Macbook Tanpa Aplikasi

Betang.id – Memiliki tangkapan layar seringkali diperlukan untuk mengambil gambar dari layar komputer. Namun, bagaimana caranya melakukan hal tersebut tanpa menggunakan aplikasi tambahan?

Pengguna Macbook bisa bernapas lega, karena melakukan screenshot di laptop mereka dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Dikutip dari laman Support Apple, berikut adalah empat cara untuk melakukan screenshot di Macbook tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan:

Cara Screenshot di Macbook Tanpa Aplikasi

1. Screenshot Seluruh Layar di Macbook

Untuk mengambil screenshot seluruh layar, pengguna bisa menekan tombol Shift, Command, dan 4 secara bersamaan.

Setelah itu, tarik crosshair untuk memilih area yang ingin diambil gambar screenshot-nya.

Jika ingin memindahkan area yang telah dipilih, pengguna dapat menekan dan menahan tombol space bar sambil menarik crosshair tersebut.

Untuk membatalkan pengambilan screenshot, cukup dengan menekan tombol Esc (Escape).

Hasil screenshot akan muncul sebagai gambar mini di sudut layar, dan pengguna dapat mengkliknya untuk mengedit atau menunggu hingga tersimpan di desktop.

2. Screenshot Sebagian Layar di Macbook

Untuk mengambil screenshot sebagian layar, pengguna harus membuka jendela atau menu yang ingin diambil.

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Shift, Command, 4, dan space bar secara bersamaan untuk mengubah pointer menjadi ikon kamera.

Setelah itu, klik jendela atau menu yang ingin diambil screenshot. Hasil screenshot akan muncul sebagai gambar mini di sudut layar dan pengguna dapat mengeditnya atau menunggu hingga tersimpan di desktop.

3. Screenshot dengan Menampilkan Alat Tangkapan Layar di Macbook

Pengguna juga bisa menampilkan alat tangkapan layar dengan menekan tombol Shift-Command-5.

Setelah itu, pengguna dapat memilih tindakan yang diinginkan, mulai dari mengambil seluruh layar, sebagian layar, tangkapan jendela, hingga merekam seluruh layar.

Untuk menemukan hasil tangkapan layar, pengguna hanya perlu memeriksa desktop. Hasil screenshot akan tersimpan dengan format ‘Screenshot [tanggal] [waktu].png.’

Dengan cara-cara yang mudah dan cepat ini, pengguna Macbook bisa mengambil tangkapan layar tanpa perlu repot menginstal aplikasi tambahan.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba salah satu dari empat cara di atas saat membutuhkan screenshot di Macbook Anda!

Exit mobile version