Smartphone

iPhone 16 Series Dikabarkan Tidak Menggunakan Tombol Fisik

Avatar of Enny Riana
279
×

iPhone 16 Series Dikabarkan Tidak Menggunakan Tombol Fisik

Sebarkan artikel ini
iPhone 16 Series Dikabarkan Tidak Menggunakan Tombol Fisik

Betang.id – Sejak beberapa tahun yang lalu, rumor mengenai kehadiran iPhone tanpa tombol fisik sudah mulai muncul. Dan kabar tersebut kembali mencuat menjelang peluncuran iPhone 16 yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Menurut laporan terbaru dari media Korea Selatan Economic Daily News, Apple dikabarkan telah memesan komponen tombol kapasitif dalam jumlah besar dari pemasok asal Taiwan. Dan kabarnya tombol kapasitif tersebut akan digunakan dalam iPhone 16 series.

Pemasok yang berhasil memenangkan kontrak tersebut adalah Advanced Semiconductor Engineering. Mereka akan menyediakan modul system-in-a-package (SIP) yang akan menggabungkan komponen kapasitif dengan dua Taptic Engine, yang akan ditempatkan di sisi kanan dan kiri iPhone.

Dengan adanya tombol kapasitif ini, Apple diyakini akan menggantikan tombol fisik yang biasanya ada di kedua sisi iPhone dengan tombol kapasitif yang akan memberikan respons haptic saat ditekan. Tombol kapasitif ini mampu mendeteksi tekanan dan memberikan sensasi menekan tombol fisik melalui getaran yang dihasilkan oleh mesin haptic.

Pada awalnya, prototipe iPhone 16 series memang menggunakan mekanisme haptic untuk tombol volume dan power. Namun, rencana tersebut akhirnya dibatalkan pada tahun 2023 karena masalah teknis yang tidak dapat teratasi.

Setelah pembatalan proyek tersebut, Apple kembali menggunakan tombol fisik untuk iPhone 16 series. Hal ini kemudian mengarah pada rumor bahwa semua varian iPhone 16 akan kembali menggunakan tombol fisik. Namun, kabarnya Apple akan memperkenalkan satu tombol baru di iPhone 16 series, yaitu Capture Button.

Capture Button akan menjadi fitur baru yang memudahkan pengguna dalam mengambil foto dan video. Meskipun tombol ini tetap menggunakan mekanisme fisik, namun akan mampu merespons tekanan dan sentuhan, seperti swipe ke kiri dan kanan untuk zoom in dan out, seperti dilansir dari MacRumors pada Kamis (25/4/2024).

Laporan terbaru juga mengklaim bahwa komponen tombol kapasitif yang telah dipesan oleh Apple akan mulai diproduksi pada kuartal ketiga tahun ini. Meskipun jadwal produksi ini agak terlambat dari rencana produksi iPhone biasanya.

Meskipun komponen tersebut sudah dipesan saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Apple baru akan menggunakannya untuk iPhone 17 series yang direncanakan akan diluncurkan tahun depan. Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Apple saat mereka meluncurkan iPhone 16 series pada bulan September mendatang.