Tekno

Inilah Cara Mengatasi Video TikTok Kena Copyright Yang Benar

786
Inilah Cara Mengatasi Video TikTok Kena Copyright Yang Benar

Betang.id – Cara mengatasi video TikTok kena copyright adalah sesuatu yang ingin diketahui creator pemula. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar video tersebut bisa dikembalikan dan tidak dihapus. Sudah sewajarnya bagi para pemula dibuat bingung ketika mengalami masalah copyright.

Copyright adalah hak hukum untuk melindungi sebuah karya orisinil dari setiap orang. Karya yang dilindungi oleh copyright bisa berupa video, musik, foto dan lain sebagainya. Karena ingin melindungi konten asli setiap pengguna, maka di TikTok ada copyright.

Perlindungan hak cipta atau copyright ini memastikan sebuah karya tidak mudah dijiplak sembarang orang.

Ingin tahu cara mengatasi video TikTok kena copyright? Yuk, simak pembahasan selengkapnya dibawah.

Syarat Agar Konten yang Dinonaktifkan Bisa Dikembalikan Lagi

TikTok adalah aplikasi untuk berbagi video pendek yang memberikan kemudahan kepada pengguna mengedit video sesuai keinginan. Termasuk menggunakan materi-materi milik orang lain, termasuk filter, backsound, template dan lain sebagainya.

Ditengah-tengah kemudahan tersebut, TikTok tetap berusaha melindungi hak cipta atas karya seseorang. Sehingga, mereka bisa mengklaim copyright ketika digunakan secara bebas tanpa izin.

Inilah mengapa masalah copyright sudah menjadi hal umum ditengah-tengah pengguna TikTok.

Ketika video yang diunggah di TikTok terkena copyright, ini bukan berarti akhir dari karya tersebut.

Asalkan kamu memenuhi syarat yang membuktikan bahwa tidak bersalah, maka video yang sebelumnya dinonaktifkan bisa diaktifkan kembali oleh TikTok. Beberapa syarat yang dimaksud seperti:

  • Konten yang terkena copyright hanya memiliki kesamaan sebagian, bukan seluruh isi konten.
  • Ada kreator lain yang membuat atau meng-upload konten serupa. Sehingga, bukan hanya kamu yang meng-upload konten sama.
  • Content creator tidak mengklaim bahwa ia memiliki hak cipta terhadap konten tersebut.
  • Pembuat konten tidak mengetahui bahwa mengunggah konten tersebut tanpa izin tidak diperbolehkan. Karena banyak orang lain yang membuat video serupa, sehingga berpikir boleh menggunakannya.
  • Konten dilindungi oleh kebebasan berbicara.

Cara Mengatasi Video TikTok Kena Copyright

Bagi kalian yang sudah terlanjur terkena copyright, maka satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah mengajukan banding. Yaitu banding agar pihak TikTok meninjau kembali apakah konten tersebut melakukan pelanggaran berat dan memang layak diberi sanksi atau tidak.

Tentu TikTok memiliki ketentuan selama membuat keputusan copyright. Agar proses banding berjalan dengan lancar, pastikan kamu sudah memenuhi syarat-syarat diatas.

Adapun cara mengajukan banding di TikTok adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka halaman www.tiktok.com/legal/report/counternotification.
  • Setelah itu, isi formulir yang disediakan oleh TikTok. Seperti detail konten, informasi akun, sampai dengan tanda tangan elektronik.
  • Jika formulir sudah diisi sepenuhnya, klik Kirim.
  • Tunggu sampai TikTok mengkonfirmasi permohonan kamu.
  • Selesai.

Sekarang kamu hanya perlu menunggu kabar dari TikTok dan apakah permohonan mengembalikan akun disetujui atau tidak.

Jika memang permohonan kamu disetujui, maka video yang sebelumnya dinonaktifkan bisa kembali muncul seperti biasa.

Sementara itu, apabila permohonan ditolak kamu perlu menghapusnya dari TikTok supaya tidak ada masalah lebih serius.

Cara Melaporkan Konten Orang Lain di TikTok yang Plagiat

Bagi kalian yang merasa videonya diupload ulang oleh pengguna TikTok lain sama persis dan tidak ada perubahan sedikitpun, maka bisa melaporkannya sebagai konten plagiat agar diberi sanksi copyright.

Sama seperti mengatasi masalah copyright, cara melaporkan konten orang lain di TikTok juga cukup mudah. Yaitu seperti berikut:

  • Pertama, temukan video TikTok orang lain yang dianggap menjiplak.
  • Klik icon Share dan pilih Laporkan.
  • Kemudian klik tombol Pelanggaran hak kekayaan intelektual.
  • Pilih Laporan Pelanggaran Hak Cipta.
  • Kemudian ikuti instruksi yang muncul di layar.
  • TikTok kemudian meninjau laporanmu.
  • Selesai.

Apabila video yang kamu laporkan terbukti sama persis dan melanggar hak cipta, maka pemilik video tersebut akan menerima notifikasi dari TikTok dan konten dihapus dengan alasan copyright.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mengatasi video TikTok kena copyright yang bisa kamu praktekkan sekarang juga. Tidak ada cara khusus yang bisa mengembalikan video secara langsung dan cepat, melainkan hanya bisa mengajukan banding.

Sebagai pengguna TikTok, kamu harus mematuhi semua syarat dan ketentuan yang sudah disediakan oleh platform. Jika konten yang kamu unggah memang tidak sepenuhnya bersalah, maka bisa segera lepas dari masalah ini.

Exit mobile version