Daerah

Dishub Kobar Tingkatkan Sosialisasi Keselamatan bagi Penyedia Jasa Angkutan Sungai

785
Dishub Kobar Tingkatkan Sosialisasi Keselamatan bagi Penyedia Jasa Angkutan Sungai

Betang.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat (Dishub Kobar) intensif melakukan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai, danau, dan penyeberangan, serta masyarakat pengguna jasa. Menyikapi peningkatan aktivitas masyarakat yang diprediksi terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru 2024, Kepala Dishub Kobar, Amir Hadi, menyatakan perlunya langkah preventif.

“Libur sekolah yang bersamaan dengan libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan meningkatkan aktivitas masyarakat secara signifikan. Oleh karena itu, kami perlu meningkatkan sosialisasi keselamatan, terutama pada sektor angkutan sungai, danau, dan penyeberangan yang sering digunakan untuk wisata maupun aktivitas penyeberangan,” ujar Amir Hadi di Pangkalan Bun.

Selain menyelenggarakan kegiatan sosialisasi, Dishub Kobar juga mengeluarkan Surat Edaran tentang Keselamatan Pelayaran Angkutan Kapal Wisata dan Sungai Danau di Wilayah Kobar selama periode Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan terhadap potensi kecelakaan dan insiden lainnya yang dapat menimbulkan kerugian.

Amir Hadi menjelaskan bahwa Surat Edaran Kepala Dishub Kobar dengan nomor 500.11.1/1633/DISHUB.BP memberikan imbauan kepada masyarakat dan pelaku usaha angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (SDP). Isinya mencakup ajakan untuk selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan dalam setiap perjalanan.

“Ini bukan hanya sekadar aturan, tapi sebuah komitmen untuk menjaga keselamatan bersama. Kami mengajak semua pihak terkait, baik penyedia jasa maupun pengguna jasa, untuk aktif berperan dalam menciptakan lingkungan transportasi yang aman dan nyaman,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah ini, Dishub Kobar berharap dapat menciptakan suasana liburan yang aman dan nyaman bagi masyarakat, menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap perjalanan, khususnya di sektor angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.

Exit mobile version