Tips and Trik

Cara Mudah Menghilangkan Kamus Keyboard yang Mengganggu di HP OPPO

97
Cara Mudah Menghilangkan Kamus Keyboard yang Mengganggu di HP OPPO

Betang.id – Pada saat akan mengetik di ponsel OPPO, terkadang akan muncul kata-kata dari kamus untuk memberikan sugesti kata yang akan ditulis.

Namun, terkadang munculnya kata-kata dari kamus ini malah terasa mengganggu karena kata yang dimunculkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Hadirnya kata-kata kamus pada keyboard ponsel OPPO dikarenakan fitur Next-word suggestions dan Show suggestion strip yang memberikan sugesti prediksi kata-kata untuk membantu proses pengetikan.

Seperti getaran keyboard, pengguna yang tidak suka dengan fitur ini bisa menonaktifkannya melalui pengaturan.

Langkah-langkah Menghilangkan Kamus Keyboard HP OPPO:

  1. Buka aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Pilih kolom Search.
  3. Ketik kata kunci “keyboard”.
  4. Pilih opsi keyboard & input method yang muncul.
  5. Pilih menu Manage keyboards.
  6. Tekan opsi Gboard.
  7. Pilih opsi Text correction.
  8. Tekan tombol toggle Show suggestion strip, Next-word suggestions, Auto-correction, Spell check, dan Grammar check ke posisi mati.

Setelah semua fitur tersebut dimatikan, seharusnya tidak ada lagi sugesti kata-kata. Show suggestion strip sendiri merupakan sugesti huruf maupun kata di bagian atas keyboard yang akan muncul secara otomatis ketika sedang mulai mengetikkan sebuah huruf.

Apabila Show suggestion strip dimatikan, maka secara otomatis Next-word suggestions pun akan ikut dimatikan karena fungsinya mengandalkan sugesti kata sebelumnya.

Auto-correction merupakan fitur yang memungkinkan kata yang salah ketika dibetulkan secara otomatis sesuai dengan prediksi yang terdapat di kamus.

Namun, ada kalanya prediksi koreksi otomatis katanya tidak sesuai dengan yang diinginkan sehingga bisa juga dimatikan.

Lalu, Spell check akan memeriksa kata-kata yang diperkirakan salah ejaan sehingga ditandai dengan garis merah, sedangkan Grammar check akan memeriksa tata bahasa dari kalimat yang dibuat dan ditandai dengan garis biru jika tidak tepat.

Perlu dicatat bahwa ColorOS untuk ponsel OPPO saat ini sudah menggunakan Gboard atau keyboard buatan Google sebagai virtual keyboard bawaan karena memiliki beragam fitur dan emoji yang menarik.

Jika bosan dengan tampilan dan warna dari keyboard ponsel OPPO, pengguna dapat mengubah tampilannya secara cepat melalui halaman Theme pada opsi Gboard sehingga terlihat lebih menarik dan unik.

Exit mobile version