Tips and Trik

Cara Membatasi Penggunaan Data di Hp Realme Tanpa Aplikasi dan Mudah

Avatar of admin
319
×

Cara Membatasi Penggunaan Data di Hp Realme Tanpa Aplikasi dan Mudah

Sebarkan artikel ini
Cara Membatasi Penggunaan Data di Hp Realme Tanpa Aplikasi dan Mudah

Betang.id – Cara membatasi penggunaan data di hp Realme adalah satu hal penting untuk diketahui jika ingin lebih hemat kuota internet. Fitur ini sangat berguna agar kamu tidak kebablasan memakai kuota internet sehari-hari. Apalagi jika tidak tersambung ke WiFi dan hanya membeli kuota terbatas. Lebih baik membatasinya agar bisa bertahan sampai akhir bulan.

Hp Realme memiliki fitur khusus untuk membatasi penggunaan data sehari-hari. Kamu bisa mengatur batasnya sesuai kondisi dan kebutuhan masing-masing. Baik itu membatasi 1GB per hari, 500 MB per hari dan lain sebagainya.

Tanpa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store sekalipun tetap bisa melakukannya. Cara membatasi penggunaan data di hp Realme selengkapnya bisa disimak sebagai berikut.

Cara Membatasi Penggunaan Data di Hp Realme

Harga paket internet yang ditawarkan oleh provider di Indonesia sekarang sudah murah dan menawarkan kuota internet besar. Namun, ini juga membuat pengguna sering lupa waktu ketika mengakses internet.

Jika dahulu kuota 3GB bisa dipakai untuk 30 hari, namun sekarang 1 hari bisa habis tidak terasa. Inilah mengapa penting membatasi penggunaan data di hp Realme.

Realme sudah menghadirkan fitur Pembatasan Penggunaan Data untuk mengatur kuota internet agar lebih hemat dan sesuai kebutuhan.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa langkah seperti dibawah ini:

  • Pertama, buka Pengaturan di hp Realme.
  • Setelah itu klik opsi SIM Ganda & Jaringan Seluler.
  • Lalu pilih Pengingat Data Harian.
  • Sekarang kamu bisa menentukan batas pemakaian data, mulai dari 10MB sampai 100GB.
  • Selesai.

Karena batas penggunaan hotspot di hp Realme bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, pastikan kamu bijak ketika memilihnya.

Semisal kuota Internetmu sebesar 30GB per bulan, maka bisa membatasi 1GB per hari. Jangan terlalu sering membuka sosmed berbasis video, seperti TikTok, YouTub, Snack Video dan sebagainya.

Cara Membatasi Penggunaan Hotspot di Hp Realme

Terkadang ada teman atau pasangan yang meminta hotspot. Agar mereka tidak menggunakan semau sendiri, alangkah baiknya kamu sudah mengatut sejak awal batas pemakaian data. Langsung ikuti beberapa langkah dibawah agar tidak bingung:

  • Pertama, buka menu Pengaturan di hp Realme.
  • Kemudian pilih opsi Koneksi & Berbagi.
  • Di halaman selanjutnya, klik Hotspot Pribadi.
  • Kemudian pilih Manajemen Koneksi.
  • Klik Batas penggunaan data, pilih besaran sesuai keinginan.
  • Jika sudah memilih besaran batas pemakaian data, klik Tegaskan.
  • Selesai.

Aplikasi Pemantau Penggunaan Kuota Internet Terbarik

1. My Data Manager Manajer Dataku

My Data Manager adalah aplikasi berukuran 5MB yang berfungsi untuk memonitor penggunaan data di hp android. Kamu bisa melihat statistik penggunaan kuota internet dari waktu ke waktu.

Tersedia fitur Alarm untuk memperingati kalian jika penggunaan data sudah berlebihan. Kamu juga bisa melihat daftar aplikasi yang memakan kuota internet paling besar.

2. Data Monitor

Selain membatasi penggunaan data di hp Realme, kamu juga bisa memantau lewat Data Monitor. Aplikasi ini akan membantu kamu mengetahui dimana letak pemborosan kuota internet dan apa yang harus dihindari agar lebih hemat.

Penggunaan data yang ditampilkan meliputi harian dan mingguan, nantinya bisa juga dalam bentuk grafik. Tampilan widgetnya cantik dan memudahkan akses ke pengelolaan kuota internet.

3. GlassWire Data Usage Monitor

Bagi kalian yang merasa selalu berlebihan menggunakan paket data, mulai sekarang bisa mengontrolnya menggunakan aplikasi GlassWire Data Usage Monitor. Ia berukuran 5,5MB yang sangat ringan.

Kamu bisa mendapatkan peringatan setiap kali penggunaan data sudah melebihi batas yang ditentukan. Fitur menarik lainnya adalah bisa memantau penggunaan kuota internet dalam statistik grafik yang menarik.

Melalui GlassWire Data Usage Monitor, kamu juga bisa mengukur kecepatan internet secara real-time. Bahkan memblokir aplikasi tertentu agar tidak menggunakan kuota internet, sehingga lebih hemat.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara membatasi penggunaan data di hp Realme yang bisa kamu coba dan praktekkan sekarang. Ternyata tidak ribet dan sudah untuk menghemat penggunaan kuota internet di hp Realme.

Tutorial diatas bisa kamu coba di berbagai model hp Realme, baik itu model baru sampai model lama. Kamu bisa mempraktekkan keduanya agar hasil maksimal, siapa tahu ada teman atau orang lain yang minta hotspot.

ikuti kami di google news