Tips and Trik

6 Cara Mengatasi Hotspot Hp Tidak Terdeteksi Paling Ampuh

Avatar of admin
429
×

6 Cara Mengatasi Hotspot Hp Tidak Terdeteksi Paling Ampuh

Sebarkan artikel ini
6 Cara Mengatasi Hotspot Hp Tidak Terdeteksi Paling Ampuh

Betang.id – Cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi bisa dibilang cukup sederhana, namun masih banyak yang belum paham. Langkah sederhana seperti mengganti nama dan password WiFi di hp bisa menjadi solusi yang ampuh untuk memunculkannya kembali. Lantas, langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan? Temukan jawabannya berikut.

Hotspot adalah fitur yang sangat membantu para pengguna sehingga bisa berbagi dengan pengguna lain. Namun, seringkali hotspot yang kamu aktifkan justru tidak terdeteksi di perangkat lain. Baik itu hp atau bahkan laptop sekalipun.

Kalau memang benar kejadiannya seperti itu, bisa jadi masalahnya berasal dari perangkatmu. Tanpa panjang lebar, langsung disimak cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi berikut.

Cara Mengatasi Hotspot Hp Tidak Terdeteksi

Mengubah Nama dan Password

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, ketika hotspot di hp tidak terdeteksi oleh ponsel lain kamu bisa mengubah nama dan password.

Ini adalah langkah yang tepat agar perangkat lain bisa mendeteksi hotspot milikmu. Jika belum bisa mengubah nama dan password WiFi di hp, ikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan.
  • Setelah itu pilih opsi Hotspot dan Berbagi Jaringan.
  • Lanjut dengan memilih Hotspot Pribadi.
  • Klik opsi Pengaturan Hotspot.
  • Silahkan ubah sesuai keinginan nama dan password Hotspot.
  • Simpan.

Coba sekarang hidupkan kembali WiFi di hp atau laptop lain, apakah sudah terdeteksi atau belum. Jika berhasil, mereka harus memasukkan kembali nama dan password baru agar bisa tersambung ke internet.

Mengecek Sisa Kuota Internet

Sudah mengubah nama dan password WiFi di hp namun belum terdeteksi di perangkat lain? Sekarang coba periksa dahulu apakah sisa kuota internet memadai atau tidak buat berbagi koneksi.

Hal sepele seperti ini memang tidak terpikirkan oleh sebagian besar pengguna, padahal bisa menjadi penyebab hotspot hp tidak terdeteksi lho.

Mematikan Password WiFi

Masih berhubungan dengan password, cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi berikutnya adalah mencoba mematikan kata sandi tersebut. Sehingga, perangkat lain bisa langsung menyambung ke hotspot milikmu tanpa harus repot memasukkan password.

Hotspot tidak terdeteksi memang menjengkelkan, apalagi jika dibutuhkan segera. Langsung disimak beberapa langkah mematikan password WiFi berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Jaringan.
  • Klik menu Tethering dan pilih opsi Hotspot.
  • Dibagian keamanan, klik none.
  • Selesai.

Matikan VPN

VPN adalah aplikasi yang berguna untuk menyembunyikan identitas atau koneksi pengguna ketika mengakses internet. Sehingga, kamu bisa berkunjung secara anonim disemua situs.

Untuk beberapa kebutuhan, aplikasi VPN memang sangat membantu. Terlebih lagi sekarang sudah ada banyak pilihan VPN di Google Play Store dan App Store, sehingga jumlah penggunanya meningkat pesat.

Namun, pemakaian VPN menyebabkan beberapa masalah koneksi di hp. Seperti membuat hotspot tidak terdeteksi.

Jika kamu ingin berbagi tethering dengan perangkat lain, alangkah baiknya mematikan dahulu aplikasi VPN yang sedang digunakan.

Nonaktifkan Mode Hemat Baterai

Apakah kamu termasuk pengguna yang sering mengaktifkan mode hemat baterai? Kalau begitu, masalahnya bisa disebabkan oleh fitur ini.

Mode hemat baterai membuat ponsel kamu dalam kondisi benar-benar terbatas, termasuk menggunakan fitur hotspot.

Hotspot yang seharusnya bisa dibagikan dengan pengguna lain justru dihalangi. Sekarang coba matikan mode hemat baterai dan lihat perubahannya.

Reboot HP

Jika kamu sudah mempraktekkan semua  cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi diatas namun masih belum berhasil, saatnya memulai ulang ponsel. Manfaatnya adalah mereset sistem sehingga bisa menghilangkan sistem error, termasuk hotspot yang tidak terdeteksi.

Tekan dan tahan tombol power selama beberapa saat, lalu klik Mulai Ulang. Kemudian coba hidupkan lagi hotspot, minta teman menghubungkannya.

Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi di Laptop

Apakah kamu pengguna laptop yang juga dipusingkan dengan masalah hotspot tidak terdeteksi? Kalau begitu, mati berkenalan dengan Troubleshoot Windows.

Ini adalah fitur khusus pada Windows yang memungkinkan pengguna mengatasi masalah di laptop atau komputer miliknya.

Karena proses ini agak panjang, pastikan kamu mengikuti tutorial dengan benar dan tenang. Jangan tergesa-gesa karena bisa salah. Lebih baik mencari tutorial dalam bentuk video supaya lebih mudah memahami.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi yang bisa kamu coba. Semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan.