Tekno

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting

Avatar of Yenni Arianti
394
×

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting

Sebarkan artikel ini
5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting

Betang.id – Komputer tidak mau booting merupakan masalah umum yang sering dialami oleh pengguna komputer. Masalah ini dapat menghambat pengguna dalam mengoperasikan komputer dan masuk ke dalam sistem. Berikut adalah beberapa penyebab umum komputer tidak mau booting dan cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Tidak Mau Booting

1. Masalah fisik

Beberapa masalah fisik seperti gangguan pada monitor, rusaknya hard drive, gangguan catu daya, atau baterai dapat menyebabkan komputer tidak mau booting.

2. Masalah sistem

Infeksi virus atau malware dapat menyebabkan komputer tidak bisa booting. Selain itu, pemutakhiran Windows yang memiliki bug atau kesalahan pada bagian BIOS juga dapat menjadi penyebab komputer tidak mau booting.

3. Ketidakcocokan sistem operasi

Komputer dengan perangkat keras yang sudah lawas mungkin tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi terbaru, yang dapat menyebabkan masalah booting.

4. Kerusakan sistem atau kerusakan akibat modifikasi

Modifikasi pada sistem komputer atau kerusakan lain pada sistem juga dapat menyebabkan komputer tidak bisa booting.

5. Serangan virus

Virus dapat merusak file pada komputer sehingga menyebabkan komputer gagal membaca data dan tidak mau booting.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Booting

1. Melakukan System Restore

Gunakan fitur System Restore pada sistem operasi Windows untuk mengembalikan setiap perubahan yang terjadi pada sistem komputer. Tekan tombol F8 saat layar BIOS muncul dan pilih opsi “Repair Your Computer.” Lanjutkan dengan membuka System Restore dan ikuti instruksinya untuk memulihkan komputer.

2. Mengaktifkan Mode Pengamanan dan Memindai Virus

Mode Safe Mode pada sistem operasi dapat membantu melakukan pemindaian virus dan mengatasi masalah booting. Coba matikan dan nyalakan komputer beberapa kali sampai komputer mulai restart dan masuk ke WinRE. Pilih opsi “Troubleshoot” dan lanjutkan dengan “Advanced Options.” Pilih opsi “Startup Settings” dan restart komputer. Setelah itu, lakukan pemindaian virus dan hapus virus yang ditemukan.

3. Mengecek UEFI atau BIOS

Cek konfigurasi UEFI atau BIOS. Jika konfigurasi Secure Boot menghalangi komputer saat booting, matikan fitur Secure Boot dalam pengaturan BIOS.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara di atas mungkin tidak selalu berhasil tergantung pada penyebab masalah booting yang sebenarnya. Jika masalah tetap tidak teratasi, sebaiknya cari bantuan dari teknisi komputer atau ahli yang kompeten.