Tips and Trik

4 Cara Mengatasi eSIM XL Tidak Ada Layanan

Avatar of Yenni Arianti
866
×

4 Cara Mengatasi eSIM XL Tidak Ada Layanan

Sebarkan artikel ini
4 Cara Mengatasi eSIM XL Tidak Ada Layanan

Betang.id – Cara mengatasi eSIM XL tidak ada layanan bukanlah sesuatu yang rumit buat dilakukan oleh setiap pelanggan. Kamu bisa memulainya dengan mengotak-atik menu Pengaturan siapa tahu penyebab errornya berasal dari sana. Oleh karena itu, tidak perlu panik ketika masalah ini terjadi.

eSIM adalah bentuk teknologi terbaru yang canggih di dunia seluler dan mulai sering ditemukan di iPhone dan Android kekinian.  Ponsel sekarang ini rata-rata sudah support eSIM.

Sehingga, tidak perlu kartu SIM fisik agar memiliki nomor hp untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. XL menjadi salah satu provider di Indonesia yang support fitur eSIM.

Lantas, bagaimana cara mengatasi eSIM XL tidak ada layanan? Mari disimak selengkapnya sebagai berikut.

Penyebab eSIM XL No Service

1. Belum Aktivasi dengan Benar

Sebelum mengeluh tentang eSIM XL No Service, pastikan kamu sudah melakukan aktivasi sesuai prosedur dengan benar. Atau lebih parah lagi kamu sama sekali belum aktivasi eSIM tersebut.

Proses aktivasi eSIM XL sudah pasti berbeda dari konfigurasi SIM XL fisik. Coba ingat-ingat kembali, apakah selama aktivasi melakukan kesalahan atau tidak.

2. Server XL Sedang Maintenance

Jika kamu merasa sudah melakukan aktivasi eSIM XL dengan baik dan benar, maka masalahnya bukan terletak disitu. Melainkan server XL yang sedang perbaikan atau maintenance.

Inilah yang paling umum terjadi dan dialami oleh sebagian besar pelanggan XL. Sistem maintenance adalah penyebab mengapa sinyal di hp tiba-tiba hilang.

Selain pengguna eSIM XL, pengguna SIM Card fisik kemungkinan juga kehilangan sinyal.

3. Cuaca Buruk

Ketika memasuki musim penghujan, pengguna ponsel harus banyak bersabar karena bakal sering kehilangan sinyal. Apalagi ketika hujan lebat dan posisi kalian berada jauh dari tower, bukan hal baru jika tiba-tiba tidak ada layanan atau no service.

Sinyal operator XL sudah pasti terganggu dengan adanya hujan lebat tersebut. Kalau memang seperti ini kondisinya kamu harus bersabar sampai cuaca kembali membaik.

4. Lokasi Tidak Terjangkau eSIM XL

Penyebab eSIM XL tidak ada layanan kali ini khusus bagi kamu yang bepergian ke suatu tempat. Jika di notifikasi bar hp tiba-tiba no service atau tidak ada layanan, kemungkinan besar wilayah tersebut tidak terjangkau oleh sinyal XL.

5. Kerusakan Pada Komponen Hp

Apabila ponsel milikmu terjatuh dan tiba-tiba kehilangan sinyal, coba matikan dan hidupkan kembali. Jika setelah beberapa kali percobaan hasilnya tetap sama, bisa jadi salah satu komponen didalamnya rusak.

6. Bug Pada OS Android

Kemungkinan terakhir yang menjadi penyebab eSIM XL tidak ada layanan adalah bug pada OS android. Mungkin kamu menggunakan versi OS sudah terlalu lama, sehingga membuat beberapa fungsi di hp tidak bisa maksimal.

Cara Mengatasi eSIM XL Tidak Ada Layanan yang Ampuh

Bagi kalian yang tiba-tiba mengalami eSIM XL No Service sebaiknya tidak langsung panik. Kita bisa mencoba terlebih dahulu beberapa langkah berikut, baru kemudian menghubungi CS XL untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

1. Memeriksa Data Plan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa data plan di hp apakah sudah diatur atau belum. Jika kamu langsung aktivasi eSIM XL tanpa mengatur data plan, sudah pasti gagal karena tidak ada yang dideteksi.

Kamu bisa memeriksa data plan di menu Pengaturan. Setelah ada data plan yang sudah diatur, baru lakukan aktivasi eSIM XL agar lebih mudah diaktivasi dan prosesnya berjalan lancar.

2. Reboot Hp

Siapa tahu tidak ada layanan karena bug kecil yang terjadi di ponsel milikmu. Tidak ada salahnya buat mencoba reboot hp, kemudian melihat bagaimana hasilnya.

3. Update OS

Cara mengatasi eSIM XL tidak ada layanan berikutnya adalah upgrade OS ke versi paling baru dengan tujuan menghilangkan setiap bug pada versi lama. Kamu bisa mengupdate OS di hp android melalui Pengaturan.

Setiap ada pembaharuan OS yang kompatibel dengan perangkatmu, maka bisa langsung mengupgrade.

4. Tunggu Sampai Kembali Normal

Jika kamu merasa sudah mengisi data plan dengan benar dan menggunakan OS versi terbaru, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah server XL sedang maintenanc.

Pastikan juga kamu berada di wilayah yang memang sudah terjangkau sinyal XL dengan baik.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mengatasi eSIM XL tidak ada layanan yang bisa dicoba. Semoga uraian diatas bisa membantu kamu segera keluar dari masalah ini.