Tips and Trik

3 Cara Fotocopy di Printer Epson

Avatar of admin
381
×

3 Cara Fotocopy di Printer Epson

Sebarkan artikel ini

Mengenal Tipe Printer Epson Fotocopy

3 Cara Fotocopy di Printer Epson

Betang.id – Cara Fotocopy di Printer Epson. Printer Epson telah hadir dengan berbagai tipe yang mendukung fitur all-in-one, termasuk fungsi scan dan copy.

Dengan kemampuan ini, tidak lagi diperlukan pergi ke tempat fotocopy untuk mengcopy dokumen.

Namun, untuk bisa menggunakan printer Epson dengan baik, penting untuk memahami tipe dan cara penggunaannya dengan benar.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tipe printer Epson yang mendukung fitur fotocopy, serta langkah-langkah untuk melakukan fotocopy di printer Epson.

Tipe Printer Epson Fotocopy

Ada beberapa tipe printer Epson yang cocok untuk digunakan sebagai printer fotocopy, baik di rumah maupun di kantor, dan bahkan bisa dijadikan peluang usaha. Berikut adalah beberapa tipe printer Epson multifungsi yang perlu diketahui:

1. Printer Epson EcoTank L Series: Printer jenis inkjet ini didesain dengan tangki printer berteknologi EcoTank, yang mampu mencetak lebih banyak dengan tinta yang lebih hemat. Seri printer ini cocok untuk digunakan di perkantoran maupun di rumah. Beberapa seri printer EcoTank L yang populer antara lain L6550, L6260, L15150, dan L14150 untuk perkantoran, serta L3250, L3216, L3251 untuk digunakan di rumah.

2. Epson L200 dan L300: Printer seri ini juga dilengkapi dengan ink tank, dan umumnya dijual dengan harga di kisaran 1 jutaan. Printer ini direkomendasikan untuk digunakan di rumah karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak ruang.

Cara Fotocopy di Printer Epson

Setelah mengetahui beberapa tipe printer Epson yang mendukung fungsi fotocopy, kini saatnya untuk mempelajari cara melakukan fotocopy dengan printer Epson yang praktis. Berikut ini adalah tiga cara berbeda untuk melakukan fotocopy di printer Epson:

1. Fotocopy Satu Sisi

Proses fotocopy bisa diatur untuk menghasilkan cetakan hitam putih atau berwarna, tergantung pada kebutuhan pengguna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan printer dalam kondisi menyala.
  • Letakkan dokumen yang ingin di fotocopy di bagian kaca ADF.
  • Tekan tombol fotocopy hitam putih jika ingin mencetak hitam putih, atau pilih tombol fotocopy berwarna jika ingin mencetak berwarna.
  • Tunggu proses pencetakan selesai, dan periksa hasil fotocopy.

2. Fotocopy Bolak Balik

Untuk mendapatkan salinan dokumen dengan tampilan dua sisi seperti buku, printer Epson juga dapat digunakan. Namun, perlu diperhatikan untuk mengatur kertas pada posisi yang tepat agar sesuai. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Atur posisi dokumen yang akan di fotocopy di ADF.
  • Tekan tombol fotocopy dan tunggu hingga proses pencetakan selesai.
  • Setelah selesai, atur kertas hasil cetakan dalam posisi terbalik.
  • Balik dokumen asli untuk proses fotocopy sisi kedua.
  • Tekan tombol fotocopy lagi untuk mulai mencetak sisi kedua.

3. Fotocopy Mode Massal

Printer Epson juga dapat digunakan untuk melakukan fotocopy berkas dalam jumlah banyak secara sekaligus. Namun, perlu diperhatikan cara menekan tombol fotocopy agar perintah dapat dikenali oleh mesin printer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan ada stok kertas yang cukup, dan masukkan kertas ke printer.
  • Posisikan berkas yang akan di fotocopy di ADF printer.
  • Tekan tombol fotocopy beberapa kali, sesuai dengan jumlah salinan yang diinginkan.
  • Namun, pastikan memberikan jeda 1 detik setiap kali menekan tombol.

Tips Fotocopy di Printer Epson

Untuk mendapatkan hasil fotocopy yang maksimal, ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Pastikan untuk menutup bagian ADF supaya dokumen menempel rapat di kaca. Hal ini bertujuan agar hasil fotocopy tetap terang, walaupun kualitas fotocopy akan sedikit menurun dibandingkan hasil print.
  2. Untuk fotocopy mode bolak balik, perhatikan untuk mengatur posisi kertas dengan benar agar tulisan tidak terbolak-balik. Tes cetak terlebih dahulu untuk memastikan posisi kertas secara tepat sebelum melakukan fotocopy kedua.

Kesimpulan

Dengan adanya printer Epson yang memiliki fungsi scan dan copy, tidak perlu lagi pergi ke tempat fotocopy untuk mengcopy dokumen.

Dalam menggunakan printer Epson untuk fotocopy, penting untuk memahami tipe printer yang tepat dan juga langkah-langkah yang harus dilakukan.

Terdapat beberapa tipe printer Epson yang mendukung fitur fotocopy, seperti printer Epson EcoTank L Series dan Epson L200 serta L300.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan fotocopy meliputi fotocopy satu sisi, bolak balik, dan fotocopy mode massal.

Dengan mengetahui cara yang benar, pengguna dapat melakukan fotocopy dengan mudah dan juga hemat waktu.

Selain itu, terdapat tips-tips tambahan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan hasil fotocopy yang maksimal.

Namun, perlu diingat bahwa hasil fotocopy akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan hasil print.

ikuti kami di google news