Daerah

Tingkat Kepemilikan Akta Kelahiran Anak di Gunung Mas Sentuh 98,90 Persen

Avatar of Ahmad Azzam
264
×

Tingkat Kepemilikan Akta Kelahiran Anak di Gunung Mas Sentuh 98,90 Persen

Sebarkan artikel ini
Tingkat Kepemilikan Akta Kelahiran Anak di Gunung Mas Sentuh 98,90 Persen

Betang.id – Dalam upaya meningkatkan kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Gunung Mas berhasil mencapai pencapaian luar biasa sebesar 98,90 persen per September 2023. Dari 44.264 anak yang terdaftar, sebanyak 43.779 kini memiliki akta kelahiran, sedangkan 485 sisanya tengah dalam proses penerbitan.

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Iis Yukensi, mengungkapkan bahwa capaian ini telah melampaui target nasional sebesar 98 persen. Di antara 12 kecamatan di Gunung Mas, 10 kecamatan berhasil melampaui target nasional, sementara dua kecamatan lainnya masih dalam perjalanan menuju pencapaian tersebut.

Sepang, Mihing Raya, Kurun, Rungan Barat, Rungan, Rungan Hulu, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu adalah kecamatan yang telah berhasil melampaui target nasional. Sementara Manuhing dan Manuhing Raya, meskipun belum mencapai 98 persen, tetap berada dalam kisaran 97 persen.

Keberhasilan Gunung Mas dalam mencapai target ini diatributkan pada meningkatnya kesadaran masyarakat dan kerjasama erat dengan Dinas Kesehatan sejak April 2021. Iis menyebutkan bahwa kerja sama dengan Dinkes Gunung Mas dan RSUD Kuala Kurun memiliki peran penting, terutama dalam penanganan kelahiran.

“Disdukcapil menjalin kerja sama dengan Dinkes Gunung Mas dan RSUD Kuala Kurun, karena tenaga kesehatan dari Dinkes berperan dalam menangani kelahiran. Begitu juga dengan RSUD yang sering menjadi tempat bagi para ibu untuk melahirkan,” ungkapnya.

Contohnya, jika seorang ibu melahirkan di RSUD Kuala Kurun, tenaga kesehatan di sana dapat segera mengirim informasi kepada Disdukcapil Gunung Mas melalui aplikasi WhatsApp. Prosesnya cepat dan efisien, di mana surat keterangan, kartu keluarga, dan informasi lainnya dapat dikirimkan sebelum ibu keluar dari RSUD.

Meskipun telah mencapai target nasional, Disdukcapil Gunung Mas tetap giat dalam upaya meningkatkan capaian ini. Salah satu strateginya adalah melalui kegiatan “jemput bola” yang terus dilakukan di berbagai desa, menyediakan beragam pelayanan administrasi penduduk, termasuk penerbitan akta kelahiran.

ikuti kami di google news