Ekobis

TikTok Resmi Gelontorkan Dana Rp23 T Ke GoTo, Menghidupkan Kembali TikTok Shop Bersama Tokopedia

Avatar of admin
697
×

TikTok Resmi Gelontorkan Dana Rp23 T Ke GoTo, Menghidupkan Kembali TikTok Shop Bersama Tokopedia

Sebarkan artikel ini
TikTok Resmi Gelontorkan Dana Rp23 T Ke GoTo, Menghidupkan Kembali TikTok Shop Bersama Tokopedia

Betang.id – TikTok mengumumkan investasi jangka panjang senilai lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp23,4 triliun ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ini menandai langkah strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dengan fokus pada pemberdayaan dan perluasan pasar untuk pelaku UMKM nasional.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, dengan TikTok mengambil alih pengendalian atas PT Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS sebagai dukungan jangka panjang untuk operasional Tokopedia, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia. Kesepakatan ini diharapkan memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia.

“Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah digabungkan dengan TikTok Shop Indonesia diharapkan membawa keuntungan bagi GoTo,” klaim TikTok. GoTo akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, melibatkan pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

Program kemitraan akan dimulai dengan periode uji coba, yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Kampanye Beli Lokal akan menjadi bagian dari uji coba ini, diluncurkan pada 12 Desember, seiring dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Aplikasi Tokopedia dan TikTok akan menjadi tuan rumah kampanye ini, mempromosikan merchant lokal dengan fokus pada produk asli Indonesia.

Melalui program Beli Lokal di aplikasi TikTok, pengguna dapat berbelanja dan berinteraksi dengan berbagai produk lokal. TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia, menggunakan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Lebih dari 90 persen merchant yang terlibat dalam penggabungan bisnis ini merupakan pelaku UMKM. TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo akan menyediakan dukungan melalui berbagai program untuk mendukung pertumbuhan para pelaku UMKM.

Langkah ini sejalan dengan strategi Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan memperluas cakupan pasar. Untuk memastikan kelancaran transisi dan integrasi, akan dibentuk komite yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.