Berita

Survei Steam Januari 2024: AMD Mengalami Lonjakan Pengguna

Avatar of Enny Riana
245
×

Survei Steam Januari 2024: AMD Mengalami Lonjakan Pengguna

Sebarkan artikel ini

Dominasi RTX 3060, dan Peningkatan Penggunaan Windows 11

Survei Steam Januari 2024: AMD Mengalami Lonjakan Pengguna

Betang.id – Pada bulan Januari 2024, hasil survei Hardware and Software Steam telah diumumkan. Survei ini mengungkapkan tren penting dalam preferensi pengguna dan pilihan perangkat keras di antara para pengguna. Dari semakin dominannya prosesor AMD hingga popularitas laptop gaming dan meningkatnya adopsi Windows 11, berikut adalah hal-hal penting yang dapat diambil dari survei ini.

Lonjakan Pengguna AMD dengan Pangsa Tertinggi yang Pernah Ada

Meskipun Intel baru-baru ini merilis chip generasi ke-14 selama CES, AMD telah memperoleh keuntungan yang signifikan. Mereka mencapai pangsa pengguna tertinggi yang pernah ada, yaitu sebesar 34,25%. Lonjakan ini terjadi saat AMD meluncurkan prosesor desktop seri Ryzen 8000G yang terkenal akan kinerja dan daya tahannya. Performa yang kuat dan harga yang bersaing membuat pengguna semakin beralih ke AMD sebagai pilihan mereka.

Dominasi RTX 3060 Meskipun Penurunan Sedikit

Di bagian kartu grafis, RTX 3060 tetap mempertahankan posisi terdepan, meski pangsa penggunaannya sedikit berkurang 0,31%. Meskipun demikian, dominasi RTX 3060 masih terlihat jelas dengan popularitas yang tinggi di kalangan pengguna Steam. Sebagian besar dari sepuluh kartu grafis teratas mengalami penurunan, kemungkinan karena pengguna melakukan upgrade ke model yang lebih baru dengan performa yang lebih baik.

Meningkatnya Populasi Laptop Gaming dan Permintaan Windows 11

Bulan Januari menyoroti meningkatnya popularitas laptop gaming. GPU laptop RTX 4060 menjadi yang berkinerja terbaik, naik 0,58% dari survei sebelumnya. Permintaan akan solusi game portabel semakin meningkat, dan pengguna semakin memilih laptop gaming untuk kebutuhan gaming mereka. Selain itu, penggunaan Windows 11 juga terus meningkat. Windows 11 mencapai rekor pangsa pengguna sebesar 44,2% dalam survei Steam, sedangkan Windows 10 mengalami penurunan hingga 51,4%. Migrasi yang stabil ke arah Windows 11 menunjukkan bahwa pengguna Steam semakin tertarik dengan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh sistem operasi ini.

Preferensi RAM dan Resolusi Monitor Peserta Survei Steam

Dalam survei ini juga terungkap preferensi peserta terkait RAM dan resolusi monitor. RAM 16GB menjadi pilihan utama bagi hampir 50% peserta, menunjukkan bahwa pengguna Steam semakin membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar untuk mendapatkan pengalaman gaming yang optimal. Pilihan kedua adalah RAM 32GB dengan pangsa 23%.

Dalam hal resolusi monitor, 1920 x 1080 (FullHD) tetap menjadi yang paling banyak digunakan dengan pangsa 59,7% responden. Resolusi ini masih menjadi pilihan utama karena memberikan keseimbangan antara kualitas visual dan performa. Namun, resolusi 1440p juga mengalami peningkatan dan berada di posisi kedua dengan pangsa 16%. Terlihat bahwa pengguna Steam semakin menginginkan visual yang lebih kaya dan detil dalam pengalaman gaming mereka.

Hasil survei ini memberikan wawasan tentang lanskap dinamis preferensi perangkat keras dan perangkat lunak game di komunitas pengguna Steam. Tren-tren ini mencerminkan perubahan perilaku pengguna dan adopsi teknologi yang terus berkembang, serta dapat memengaruhi perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak di masa depan. Dengan dukungan yang terus meningkat, AMD, RTX 3060, dan Windows 11 dapat terus berkembang dan menjadi pilihan utama di kalangan para pengguna Steam.

ikuti kami di google news