Berita

Sejumlah HP Jadul Samsung Kedapatan Akan Uji Coba Update One UI 6.1

Avatar of Ahmad Azzam
337
×

Sejumlah HP Jadul Samsung Kedapatan Akan Uji Coba Update One UI 6.1

Sebarkan artikel ini
Sejumlah HP Jadul Samsung Kedapatan Akan Uji Coba Update One UI 6.1

Betang.id – Samsung baru-baru ini merilis update terbaru untuk antarmuka pengguna mereka, yaitu One UI 6.1, yang membuat debutnya di Samsung Galaxy S24 Series.

Namun, kabar baiknya adalah bahwa tidak hanya ponsel terbaru yang akan mendapatkan update ini, tetapi juga beberapa ponsel Samsung jadul yang dirilis pada tahun 2021.

Menurut laporan dari Android Authority, Samsung sedang melakukan uji coba One UI 6.1 untuk beberapa ponsel lawas mereka.

Diperkirakan bahwa update ini akan tersedia bagi pengguna pada paruh pertama tahun 2024. Tentu saja, hal ini sangat disambut baik oleh para pengguna Samsung jadul yang ingin merasakan fitur-fitur baru dari One UI 6.1.

Daftar Ponsel Samsung Jadul yang Akan Mendapatkan Update One UI 6.1

Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, berikut adalah daftar ponsel Samsung jadul yang diperkirakan akan mendapatkan update One UI 6.1:

  1. Galaxy S22 series
  2. Galaxy S21 series
  3. Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4
  4. Galaxy S21 FE
  5. Galaxy A54
  6. Galaxy A34

Selain ponsel-ponsel di atas, Samsung juga telah mengumumkan bahwa One UI 6.1 akan tersedia untuk sejumlah perangkat terbaru mereka dalam waktu dekat. Berikut ini daftarnya:

  1. Galaxy S23
  2. Galaxy S23+
  3. Galaxy S23 Ultra
  4. Galaxy S23 FE
  5. Galaxy Tab S9
  6. Galaxy Tab S9+
  7. Galaxy Tab S9 Ultra
  8. Galaxy Z Fold 5
  9. Galaxy Z Flip 5

Namun, perlu dicatat bahwa banyak fitur kecerdasan buatan (AI) hanya dapat dinikmati di Galaxy S24 Series.

Hal ini dikarenakan adanya NPU Snapdragon 8 Gen 3 atau prosesor Samsung Exynos 2400 yang dirancang khusus untuk AI pada perangkat tersebut.

Fitur AI yang lebih rumit mungkin tidak berjalan lancar pada perangkat yang lebih tua dengan prosesor yang kurang bertenaga.

Beberapa fitur ini mungkin juga memerlukan koneksi internet untuk pemrosesan, berbeda dengan kemampuan parsial pada ponsel Galaxy S24.

Selain itu, Samsung juga telah menyatakan bahwa beberapa fitur AI terbaru mereka akan gratis hanya “hingga akhir tahun 2025”.

Setelah itu, kemungkinan pengguna harus berlangganan untuk dapat mengakses fitur-fitur AI tersebut. Hal ini berarti bahwa seri Galaxy S24 baru mungkin kehilangan akses ke beberapa fitur AI setelah tahun 2025.

Fitur Baru One UI 6.1

Update One UI 6.1 menghadirkan beberapa fitur baru meskipun secara visual antarmuka masih relatif sama dengan versi sebelumnya.

Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah fitur pengeditan dan wallpaper generatif yang didukung oleh kecerdasan buatan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat wallpaper unik secara otomatis.

Selain itu, One UI 6.1 juga menawarkan fitur terjemahan langsung yang sangat berguna bagi pengguna yang sering berkomunikasi dengan orang dari negara-negara yang berbeda.

Kesimpulan

Samsung telah memulai uji coba update One UI 6.1 untuk sejumlah ponsel jadul mereka yang dirilis pada tahun 2021.

Hal ini memberikan kesempatan bagi pengguna ponsel Samsung yang lebih lama untuk merasakan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh antarmuka pengguna terbaru ini.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa fitur AI mungkin tidak sepenuhnya mendukung di ponsel yang lebih tua dengan prosesor yang kurang bertenaga.

Selain itu, Samsung juga telah mengumumkan bahwa One UI 6.1 akan hadir pada sejumlah perangkat terbaru mereka dalam waktu dekat.

Pengguna dapat berharap untuk menikmati fitur-fitur baru ini pada seri Galaxy S23, Galaxy Tab S9, dan Galaxy Z Fold 5, di antara lainnya.

Dengan adanya update One UI 6.1, pengguna Samsung dapat memperbarui antarmuka pengguna mereka dan merasakan peningkatan fitur dan kemampuan baru yang ditawarkan oleh Samsung.

Fitur-fitur AI dan fitur pengeditan dan wallpaper generatif akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih personal.

ikuti kami di google news