Komputer

Samsung 990 EVO, SSD Terbaru dengan Interface Hybrid PCIe Pertama di Dunia

Avatar of Ahmad Azzam
352
×

Samsung 990 EVO, SSD Terbaru dengan Interface Hybrid PCIe Pertama di Dunia

Sebarkan artikel ini
Samsung 990 EVO, SSD Terbaru dengan Interface Hybrid PCIe Pertama di Dunia

Betang.id – Samsung baru-baru ini meluncurkan seri SSD terbaru mereka, yaitu 990 EVO. Seri ini menandai masuknya Samsung ke pasar SSD dengan antarmuka hybrid PCIe.

Dengan fungsionalitas hybrid yang unik, SSD ini dapat berjalan dalam mode x4 PCIe 4.0 atau x2 PCIe 5.0. Samsung 990 EVO dirancang sebagai opsi ramah anggaran tetapi tetap menawarkan kinerja yang kompetitif dengan fokus pada efisiensi.

Fungsionalitas Hybrid yang Unik

Samsung 990 EVO didesain dengan fungsionalitas hybrid yang unik, mendukung mode x4 PCIe 4.0 dan x2 PCIe 5.0. Ini merupakan yang pertama untuk SSD M.2.

Desain ini memungkinkan SSD ini dapat beradaptasi dengan kebutuhan komputasi saat ini sambil mengantisipasi kebutuhan di masa depan, sehingga memberikan petunjuk potensi manfaat untuk platform yang akan datang.

Kinerja yang Mengesankan

Samsung 990 EVO menawarkan kinerja yang mengesankan dengan metrik kinerja yang tinggi.

Sequential read dan write throughput masing-masing mencapai 5.000 MB/detik dan 4.200 MB/detik.

Random read dan write IOPS (QD32) masing-masing mencapai 680K IOPS dan 800K IOPS. Hal ini berkontribusi terhadap kinerja secara keseluruhan yang impresif.

Pengontrol 5nm yang efisien dan flash TLC NAND V6P 133-Layer dari Samsung juga diklaim berkontribusi terhadap kinerja yang baik.

Kompatibilitas Laptop dan PS5

Dengan desain hybrid dan faktor bentuk satu sisi, Samsung 990 EVO sangat cocok untuk penggunaan di laptop atau PS5.

Tersedia dalam kapasitas 1TB dan 2TB, 990 EVO menawarkan fleksibilitas bagi pengguna dalam memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Harga dan Garansi

Samsung memasang harga MSRP sebesar $124,99 (sekitar 1,9 juta Rupiah) untuk model 1TB dan $209,99 (sekitar 3,3 juta Rupiah) untuk model 2TB saat peluncuran.

Drive ini dilengkapi dengan garansi terbatas selama lima tahun, yang mencakup penulisan hingga 600 TB per kapasitas TB.

Antarmuka PCIe hybrid menjadi keunggulan Samsung 990 EVO di pasar SSD M.2, memberikan pengguna kemampuan beradaptasi dan potensi ketahanan di masa depan.

Sebagai solusi penyimpanan anggaran, 990 EVO bersaing dengan opsi anggaran lainnya sambil memanfaatkan pengontrol 5nm Samsung yang efisien dan teknologi flash NAND yang canggih.

Kesimpulan

Samsung 990 EVO adalah SSD terbaru dengan antarmuka PCIe hybrid yang memberikan fitur-fitur inovatif.

Produk ini melayani pengguna yang mencari keseimbangan antara kinerja, efisiensi, dan kesiapan di masa depan.

Kompatibilitas drive ini dengan berbagai platform, termasuk laptop dan PS5, semakin meningkatkan keserbagunaannya.

Ketika Samsung 990 EVO memasuki pasar, ulasan pengguna dan penilaian kinerja dunia nyata akan memberikan wawasan tentang daya saing dan daya tariknya dalam lanskap SSD.

Dengan harga yang terjangkau dan garansi yang solid, Samsung 990 EVO menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna dengan anggaran terbatas yang tetap menginginkan kinerja yang baik.

ikuti kami di google news