Daerah

Pemkot Palangka Raya Meningkatkan Layanan Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Avatar of Ahmad Azzam
420
×

Pemkot Palangka Raya Meningkatkan Layanan Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Sebarkan artikel ini
Pemkot Palangka Raya Meningkatkan Layanan Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Betang.id – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, menyatakan bahwa selain meningkatkan layanan dan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat, program SPBE juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hera menjelaskan bahwa penerapan program SPBE tidak hanya meningkatkan transparansi dan kenyamanan, tetapi juga memaksimalkan pendapatan asli daerah dan efektivitas penggunaan anggaran.

Oleh karena itu, Diskominfo Kota Palangka Raya diminta untuk terus meningkatkan pemahaman penerapan SPBE di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

“Diperlukan penyamaan persepsi dan kolaborasi seluruh perangkat daerah untuk menguatkan dan mempercepat reformasi birokrasi tematik dan SPBE,” kata Hera.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam konteks kunjungan kerja Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, Y Syaiful Garyadi, di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Saipullah, Kepala Diskominfo Palangka Raya, menambahkan bahwa penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik memerlukan dukungan dan komitmen kuat dari seluruh OPD. Seluruh OPD diharapkan memahami instrumen penilaian SPBE agar dapat memenuhi kriteria pada setiap indikator, arsitektur, dan peta rencana penerapan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Pengembangan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi suatu keharusan sebagai bagian dari transformasi pengelolaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” tambah Saipullah.

ikuti kami di google news