Daerah

Pasar Penyeimbang Memberikan Manfaat Besar bagi Masyarakat

Avatar of Ahmad Azzam
276
×

Pasar Penyeimbang Memberikan Manfaat Besar bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pasar Penyeimbang Memberikan Manfaat Besar bagi Masyarakat

Betang.id – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, menyatakan bahwa kehadiran pasar penyeimbang yang akan diadakan di Pasar Datah Manuah pada Sabtu (14/10) sangat membantu masyarakat.

Menurutnya, pasar tersebut berperan dalam menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga mereka tidak perlu pergi jauh untuk membeli barang-barang tersebut. Selain itu, harga barang-barang di pasar penyeimbang juga lebih terjangkau dibandingkan dengan pasar tradisional di daerah setempat. Hal ini diungkapkan oleh Sigit K Yunianto di Palangka Raya pada hari Jumat.

Sigit menjelaskan bahwa harga bahan pokok menjelang Natal dan tahun baru 2024 biasanya akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah untuk menjaga stabilitas daya beli masyarakat, dan salah satunya adalah dengan menggencarkan pasar penyeimbang seperti yang direncanakan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) juga sering mengadakan pasar murah di beberapa kelurahan yang ada di lima kecamatan di daerah tersebut. Ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Paket sembako seperti beras lima kilogram, minyak goreng dua liter, dan satu kilogram gula dijual dengan harga Rp100 ribu, sudah disubsidi sebesar Rp50 ribu.

“Ini sangat membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu. Dengan langkah ini, inflasi dapat diintervensi sehingga tidak terlalu tinggi di daerah kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya, Samsul Rizal, menjelaskan bahwa pada pasar penyeimbang nantinya akan dijual berbagai produk.

Beberapa di antaranya adalah ayam utuh dengan berat 1 hingga 1,1 kilogram seharga Rp34 ribu per ekor, sayap ayam Rp33 ribu per kilogram, ampela ayam Rp12 ribu per 500 gram, hati ayam Rp12 ribu per 500 gram, dan paha ayam Rp22 ribu per 500 gram.

“Pasar penyeimbang ini juga akan menampilkan produk olahan ayam seperti nugget. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan kios KTI dan Wings Food Kota Palangka Raya,” tambah Samsul Rizal.

ikuti kami di google news