Tips and Trik

Menghapus Cache di Windows 11 untuk Ruang yang Lebih Lega

Avatar of Enny Riana
466
×

Menghapus Cache di Windows 11 untuk Ruang yang Lebih Lega

Sebarkan artikel ini
Menghapus Cache di Windows 11 untuk Ruang yang Lebih Lega

Betang.id – Di antara hiruk-pikuk teknologi, Windows menghadirkan diri dengan segudang kemudahan, namun terkadang kita perlu membersihkan ruang di hard drive dengan menghapus cache yang menumpuk.

Windows 11 memberikan solusi mudah untuk melakukan hal ini, mengosongkan ruang yang diperlukan dengan langkah-langkah sederhana.

Membuka Settings dan Menyisir Ruang Kosong

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Settings dari menu Start atau dengan menekan Win+i. Setelah itu, arahkan ke System > Storage. Di sana, Anda akan menemukan opsi Temporary files yang menjadi kunci untuk menghapus cache.

Pilih dan Hapus File yang Tidak Diperlukan

Di dalam opsi Temporary files, Anda akan melihat beberapa tipe konten yang bisa dihapus, mulai dari file sementara, log pemutakhiran Windows, hingga file di folder Downloads. **Pilih setiap tipe konten yang ingin dihapus** dan tekan tombol Remove files. Proses penghapusan akan dimulai dengan mengklik Continue.

Membersihkan Cache Lokasi untuk Privasi yang Lebih Terjaga

Selain cache biasa, Windows juga menyimpan cache lokasi yang melacak lokasi fisik pengguna. Jika Anda menginginkan privasi yang lebih terjaga atau ingin mengatasi masalah aplikasi yang salah mengetahui lokasi pengguna, Anda dapat menghapus cache lokasi dengan langkah berikut:

  1. Buka Settings > Privacy & security.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Location.
  3. Klik Clear di bagian Location history. Tanda centang kecil akan muncul untuk menunjukkan bahwa itu telah dihapus.

Memperbaiki Microsoft Store dengan Menghapus Cache

Jika Anda mengalami masalah dengan Microsoft Store, seperti aplikasi yang tidak dapat dimuat atau tidak berfungsi dengan benar, mengosongkan cache Microsoft Store dapat membantu. Untuk melakukan hal ini, tekan Win+R, ketik wsreset.exe, dan pilih OK. Kotak hitam akan muncul dan akan ditutup secara otomatis setelah cache dihapus.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat menghapus cache di Windows 11 dengan mudah, memberikan ruang yang lebih lega untuk digunakan.