Berita

Garmin Ungkap Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Favorit di Indonesia Selama Tahun 2023

Avatar of Enny Riana
263
×

Garmin Ungkap Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Favorit di Indonesia Selama Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Garmin Ungkap Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Favorit di Indonesia Selama Tahun 2023

Betang.id – Olahraga telah menjadi bagian penting dalam gaya hidup sehat bagi banyak orang di Indonesia. Tidak hanya untuk menjaga tubuh tetap bugar, tetapi juga untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Pada tahun 2023, Garmin, perusahaan teknologi terkemuka di bidang kebugaran dan olahraga, melakukan penelitian terhadap pengguna Garmin di Indonesia untuk mengungkap tren kebugaran yang paling populer tahun itu.

Secara keseluruhan, lebih dari 640 ribu orang menjadi pengguna aktif aplikasi Garmin Connect di Indonesia. Dari penelitian ini, Garmin menemukan bahwa ada beberapa olahraga yang mendapatkan antusias tinggi dari pengguna Garmin di Indonesia, antara lain lari, tenis, dan golf.

Lari menjadi olahraga yang paling diminati oleh pengguna Garmin di Indonesia. Dalam rentang waktu 2022 hingga 2023, tren minat olahraga ini mengalami peningkatan sebesar 79,48%. Fenomena ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain maraknya event lari yang digelar di Indonesia seperti Garmin Run Indonesia Asia Series. Event ini telah berhasil diikuti oleh 5.000 pelari dan menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk mulai terlibat dalam olahraga lari. Selain itu, event lari lainnya yang diadakan baik di Jakarta maupun kota-kota besar di Indonesia juga turut menyumbang peningkatan minat terhadap olahraga ini.

Tidak hanya lari, olahraga ringan seperti berjalan kaki juga mengalami peningkatan minat yang signifikan dibanding sebelumnya. Presentase minat berjalan kaki meningkat sebesar 66,47% pada periode yang sama. Garmin mencatat bahwa rata-rata orang Indonesia telah mengambil sekitar 5.577 langkah setiap hari. Berjalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan cocok untuk semua kalangan, sehingga tidak mengherankan olahraga ini semakin diminati oleh pengguna Garmin di Indonesia.

Selanjutnya, olahraga tenis juga mendapatkan angka yang positif dalam tren minat olahraga di Indonesia. Terjadi peningkatan sebesar 18.148,48% dalam jumlah pengguna Garmin yang bermain tenis dari tahun 2022 hingga 2023. Kenaikan angka ini bisa disebabkan oleh mudahnya akses ke lapangan tenis yang semakin banyak di Indonesia. Selain itu, juga terdapat minat yang tinggi dari selebriti untuk bermain tenis dan bahkan menyelenggarakan event-event tenis yang terbuka untuk umum. Hal ini turut mendukung minat orang-orang dalam menjalankan olahraga tenis.

Selanjutnya, olahraga golf juga menjadi favorit di kalangan pengguna Garmin di Indonesia. Garmin mencatat bahwa terdapat 27.290 aktivitas golf yang dilakukan pada tahun 2023. Fenomena ini bisa dijelaskan oleh meningkatnya jumlah lapangan golf umum, peralatan yang lebih terjangkau, dan format permainan golf yang fleksibel. Semua ini memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses dan menjalankan olahraga golf dalam skala yang lebih luas.

Selain olahraga di daratan, olahraga ekstrem seperti menyelam juga berhasil menarik minat pengguna Garmin di Indonesia. Terdapat peningkatan aktivitas menyelam sebesar 329,22% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Minat ini mungkin disebabkan oleh keindahan alam bawah laut di Indonesia yang menarik banyak orang untuk mencoba kegiatan menyelam. Selain menyelam, aktivitas olahraga HIIT juga memiliki peningkatan sebesar 201,92%. HIIT adalah singkatan dari High-Intensity Interval Training, olahraga ini menjadi populer karena efektivitasnya dalam membakar kalori dalam waktu yang singkat. Olahraga renang juga mencatatkan kenaikan sebesar 133,33% yang dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia. Renang adalah olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan, dengan manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, aktivitas outdoor seperti hiking juga mengalami peningkatan minat sebesar 77,13% dari tahun 2022. Banyak orang menggemari hiking karena kesempatan untuk menikmati alam dan suasana luar ruangan yang segar. Hiking juga menjadi aktivitas yang bagus untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan kesehatan fisik.

Chandrawidhi Desideriani selaku Marketing Communication Manager Garmin Indonesia mengungkapkan pentingnya menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan hidup pribadi. Dalam rutinitas sehari-hari, menggabungkan aktivitas seperti tenis dan HIIT dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan dan produktivitas individu. Olahraga dapat membantu mengelola stres, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan fokus. Semua ini berdampak positif pada kesejahteraan fisik dan mental seseorang, baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

Dalam rangka menanggapi tren kebugaran yang muncul di Indonesia, Garmin terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai produk dan teknologi terbaru untuk mendukung pengguna dalam mencapai gaya hidup sehat dan aktif. Dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan presisi tinggi, Garmin diharapkan dapat membantu pengguna dalam melacak aktivitas fisik mereka, menjaga pola hidup yang sehat, dan mencapai tujuan kebugaran mereka.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan dan kebugaran, tren ini diprediksi akan berlanjut di masa depan. Dukungan dari perusahaan-perusahaan seperti Garmin dalam mengembangkan teknologi terkini untuk kebugaran dan olahraga akan terus memainkan peran penting dalam menumbuhkan minat dan partisipasi publik dalam menjalankan gaya hidup sehat dan aktif.

ikuti kami di google news