Komputer

Dikabarkan Masuk Produksi Massal pada Q3 2024, CPU AMD Zen 5 dibuat menggunakan node 3nm

Avatar of Enny Riana
495
×

Dikabarkan Masuk Produksi Massal pada Q3 2024, CPU AMD Zen 5 dibuat menggunakan node 3nm

Sebarkan artikel ini
Dikabarkan Masuk Produksi Massal pada Q3 2024, CPU AMD Zen 5 dibuat menggunakan node 3nm

Betang.id – Sebuah terobosan besar di dunia industri prosesor tampaknya akan segera terjadi dengan kabar mengejutkan bahwa CPU AMD Zen 5 diperkirakan akan memasuki produksi massal pada kuartal ketiga tahun 2024. Informasi terbaru yang bocor dari outlet teknologi Tiongkok, UDN, menunjukkan bahwa chip Zen 5 kemungkinan akan mulai diproduksi di pabrik TSMC antara bulan April dan Juni, dengan produksi massal direncanakan pada kuartal berikutnya.

Desain Inti yang Megah: Core “Nirvana” dan Zen 5c “Prometheus”

Salah satu poin penting dari kebocoran tersebut adalah mengenai desain inti CPU Zen 5. Dikabarkan bahwa arsitektur utama CPU Zen 5 akan menampilkan Core “Nirvana”, yang akan menghadirkan peningkatan kinerja yang signifikan. Sedangkan chip yang dirancang khusus untuk aplikasi klien dan server yang membutuhkan komputasi yang padat akan dilengkapi dengan inti Zen 5c yang diberi nama “Prometheus”.

Node Proses Terbaru: 3nm untuk CCD Zen 5 “Nirvana”

Meskipun sebelumnya terdapat rumor yang menyebutkan bahwa Zen 5 dan 5c akan menggunakan node proses 4nm dan 3nm dari TSMC, laporan baru ini membocorkan bahwa CCD Zen 5 “Nirvana” akan diproduksi menggunakan node proses 3nm. Meskipun informasi ini sedikit menyimpang dari kebocoran sebelumnya yang menyebutkan prosesor Ryzen 9000 “Granite Ridge” dengan inti Zen 5 akan debut pada kuartal kedua tahun ini, proses manufaktur dengan node proses 3nm diharapkan dapat memberikan performa yang lebih baik dan efisien bagi CPU AMD Zen 5.

Ekspektasi Seri Ryzen 9000: Kinerja Canggih dan Kemampuan IPC Meningkat

Seri Ryzen 9000 yang akan menghadirkan CPU AMD Zen 5 diharapkan membawa lonjakan kinerja yang signifikan. Menurut bocoran sebelumnya, seri Ryzen 9000 diantisipasi akan memberikan peningkatan IPC setidaknya 10 persen dibandingkan dengan seri sebelumnya, Ryzen 7000. Dengan peningkatan ini, diharapkan CPU AMD Zen 5 mampu memberikan performa yang luar biasa bagi para pengguna, baik untuk kebutuhan komputasi sehari-hari maupun untuk aplikasi yang lebih berat seperti gaming dan rendering.

AMD Zen 5 & Ryzen 9000: Inovasi di Mata Depan Industri Prosesor

Meskipun masih terdapat banyak detail mengenai Zen 5 yang belum dikonfirmasi secara resmi, AMD sebelumnya telah memastikan bahwa core generasi berikutnya ini akan menjadi bagian dari CPU desktop Ryzen 9000. Chip ini diproyeksikan akan kompatibel dengan soket AM5 dan motherboard seri 600 yang sudah ada, sehingga para pengguna dapat dengan mudah meng-upgrade sistem mereka tanpa harus mengganti seluruh platform.

Klarifikasi lebih lanjut mengenai node proses dan spesifikasi detail Zen 5 tentunya akan segera diungkap melalui pengumuman resmi dari AMD. Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, kehadiran CPU AMD Zen 5 diharapkan dapat menjadi tonggak baru dalam industri prosesor, menawarkan performa yang unggul dan efisiensi tinggi bagi pengguna di seluruh dunia. Dengan demikian, kita pun dapat menantikan masa depan yang lebih cerah dan inovatif dalam dunia komputasi.