Tips and Trik

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal yang Wajib Dicoba

Avatar of Ahmad Azzam
232
×

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal yang Wajib Dicoba

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal yang Wajib Dicoba

Betang.id – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia saat ini. Namun, seperti halnya aplikasi lainnya, WhatsApp juga dapat mengalami masalah. Salah satu masalah yang mungkin Anda temui adalah kadaluarsa WhatsApp. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal.

Mengapa WhatsApp bisa Kadaluarsa?

WhatsApp yang kadaluarsa bisa terjadi karena pengguna menggunakan versi aplikasi yang usang atau tidak diperbarui. Aplikasi WhatsApp secara rutin melakukan pembaruan untuk menangani kerusakan teknis dan menghadirkan fitur-fitur baru kepada penggunanya. Jika aplikasi WhatsApp tidak diperbarui, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut akan mudah terblokir oleh pihak WhatsApp.

Salah satu tanda WhatsApp yang kadaluarsa adalah munculnya notifikasi berisi “This Version of WhatsApp has Expired Error” saat Anda hendak menggunakan WhatsApp Web yang perlu dihubungkan dengan WhatsApp di ponsel Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal

Memulai Ulang Perangkat

Salah satu cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal yang paling sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah WhatsApp yang kadaluarsa adalah dengan memulai ulang perangkat secara keseluruhan. Dengan memulai ulang perangkat, Anda memberikan kesempatan bagi sistem perangkat, termasuk WhatsApp, untuk menyegarkan diri dan memperbaharui aplikasinya.

Caranya sangat mudah. Cukup matikan smartphone Anda, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Setelah perangkat menyala, coba buka WhatsApp dan periksa apakah masalah kadaluarsa sudah teratasi.

Perbarui Aplikasi WhatsApp

Salah satu langkah yang paling penting dan umum dalam Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal adalah dengan memperbarui aplikasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, WhatsApp terus melakukan pembaruan untuk mengatasi kerusakan teknis dan meningkatkan fitur-fitur yang ada.

Untuk memperbarui WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone).
  2. Cari “WhatsApp” di kolom pencarian.
  3. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat tombol “Update”. Ketuk tombol tersebut untuk memperbarui aplikasi.
  4. Tunggu sampai proses pembaruan selesai, lalu buka WhatsApp dan periksa apakah masalah kadaluarsa sudah teratasi.

Jika setelah memperbarui WhatsApp masalah masih terjadi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Menghapus Cache WhatsApp

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses pengambilan data di masa mendatang. Namun, cache yang terlalu penuh atau rusak dapat menyebabkan masalah pada aplikasi, termasuk WhatsApp.

Untuk menghapus cache WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” pada ponsel Anda.
  2. Cari dan ketuk menu “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.
  3. Cari dan ketuk aplikasi “WhatsApp”.
  4. Di dalam halaman aplikasi WhatsApp, Anda akan melihat beberapa opsi.
  5. Ketuk opsi “Hapus Cache” atau “Hapus Data Cache” untuk menghapus cache WhatsApp.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan cache selesai, lalu buka kembali WhatsApp dan periksa apakah masalah kadaluarsa sudah teratasi.

Menginstall Ulang WhatsApp

Jika semua langkah di atas telah Anda coba namun masalah WhatsApp kadaluarsa belum juga teratasi, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall ulang WhatsApp:

  1. Hapus aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall pada ponsel Anda.
  2. Buka Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone).
  3. Cari “WhatsApp” di kolom pencarian.
  4. Unduh dan install kembali aplikasi WhatsApp.
  5. Setelah proses instalasi selesai, buka WhatsApp dan mulai login kembali dengan menggunakan nomor telepon Anda.
  6. Periksa apakah masalah kadaluarsa sudah teratasi.

Kesimpulan

WhatsApp yang kadaluarsa merupakan masalah umum yang bisa dialami oleh pengguna. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa agar Kembali Normal di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Mulai dari memulai ulang perangkat, memperbarui aplikasi WhatsApp, menghapus cache WhatsApp, hingga menginstall ulang aplikasi WhatsApp dapat menjadi solusi yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah WhatsApp kadaluarsa.

ikuti kami di google news