Gadget

Cara Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya

Avatar of Enny Riana
448
×

Cara Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya

Sebarkan artikel ini

7 Tips Ampuh untuk Mengembalikan Fungsinya

Cara Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya

Betang.id – Penggunaan tablet yang sering terkadang dapat menyebabkan masalah, salah satunya adalah ketika tablet tidak dapat mengisi daya. Hal ini tentu menjadi masalah yang menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas pengguna.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya

1. Membersihkan Port Pengisian Daya

Salah satu langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan port pengisian daya pada tablet. Kadang-kadang, debu atau kotoran dapat menghalangi aliran listrik yang masuk ke tablet, sehingga membersihkannya dapat membantu mengatasi masalah ini.

2. Mengganti Pengisi Daya dan Kabel USB

Jika membersihkan port pengisian daya tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengganti pengisi daya dan kabel USB yang digunakan. Terkadang, pengisi daya atau kabel USB yang rusak dapat menjadi penyebab tablet tidak dapat mengisi daya dengan baik.

3. Memastikan Suhu Tablet

Pastikan tablet Anda berada dalam suhu yang normal. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kemampuan tablet untuk mengisi daya dengan baik.

4. Melakukan Perputaran Daya Tablet

Jika tablet masih tidak dapat mengisi daya setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba melakukan perputaran daya tablet. Caranya adalah dengan melepas baterai (jika memungkinkan) atau menahan tombol daya selama satu menit. Setelah itu, coba mengisi daya tablet kembali.

5. Melakukan Reset Pabrik

Jika tablet Anda menggunakan sistem operasi Android atau iOS, Anda dapat mencoba melakukan reset pabrik. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah dengan sistem operasi yang mungkin menghalangi pengisian daya. Untuk melakukan reset pabrik, Anda dapat mengikuti petunjuk pada situs resmi masing-masing sistem operasi.

6. Menggunakan Alat Unbrick Android

Jika tablet Anda menggunakan sistem operasi Android, Anda dapat mencoba menggunakan alat unbrick Android pihak ketiga. Alat ini diklaim dapat memperbaiki tablet yang tidak bisa mengisi daya atau menyala dengan benar. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat tersebut dengan hati-hati.

7. Membawa ke Tempat Servis Resmi

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membawa tablet ke tempat servis resmi. Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang terjadi pada tablet Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki tablet yang tidak bisa mengisi daya dan mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.