Software

Browser Chrome Kini Memiliki 3 Fitur AI Baru, Bisa Bantu Menulis dengan Lebih Baik

Avatar of Ahmad Azzam
306
×

Browser Chrome Kini Memiliki 3 Fitur AI Baru, Bisa Bantu Menulis dengan Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Browser Chrome Kini Memiliki 3 Fitur AI Baru, Bisa Bantu Menulis dengan Lebih Baik

Betang.id – Perusahaan teknologi raksasa, Google, saat ini menghadirkan fitur-fitur kecerdasan buatan (AI) yang baru untuk pengguna browser Chrome versi terbaru M121.

Pembaruan ini terdiri dari tiga fitur AI eksperimental, yaitu Tab Organizer, AI Wallpaper, dan Help Me Write.

Fitur ini telah tersedia untuk pengguna aplikasi Chrome pada komputer Mac dan Windows di Amerika Serikat dan akan segera dirilis secara bertahap di Indonesia.

Untuk mengakses Experimental AI di Chrome, pengguna dapat menemukan fitur tersebut di menu ‘Settings’ yang terletak di pojok kanan atas browser chrome.

Setelah itu, pengguna harus menggulir ke bawah dan mengklik menu “Setelan”. Di sisi kiri, terdapat tab menu Experimental AI.

Namun, saat ini menu Experimental AI baru tersedia di beberapa wilayah saja dan belum di Indonesia. Namun, diperkirakan Google akan segera menghadirkannya secara bertahap di Indonesia.

Meskipun fitur ini masih dalam tahap eksperimental, Google mencatat bahwa Experimental AI belum dapat digunakan untuk akun perusahaan dan pendidikan.

Fitur AI eksperimental ini memiliki berbagai fungsi yang berguna dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut penjelasan mengenai masing-masing fitur AI eksperimental yang ditawarkan oleh Chrome:

Tab Organizer

Fitur Tab Organizer memungkinkan pengguna untuk mengelola banyak tab halaman Chrome mereka secara cerdas.

Dengan menggunakan Tab Organizer, Chrome dapat secara otomatis menyarankan dan mengelompokkan tab berdasarkan tab yang sedang dibuka.

Hal ini sangat membantu pengguna yang sering melakukan banyak tugas secara bersamaan di Chrome, seperti merencanakan perjalanan, mencari informasi, dan berbelanja.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan menekan tombol kanan pada halaman tab dan memilih menu “Organize Similar Tabs” atau “Atur Tab Serupa”.

Selain itu, Chrome juga akan menyarankan nama dan emoji untuk setiap grup tab yang dibuat agar pengguna dapat dengan mudah menemukannya kembali jika diperlukan.

AI Wallpaper

Sebelumnya, fitur AI Wallpaper telah tersedia di perangkat Pixel 8 dan beberapa perangkat Android 14.

Sekarang, Google juga membawanya ke Chrome sehingga pengguna dapat lebih mempersonalisasi tampilan browser chrome mereka.

Dengan AI Wallpaper, pengguna dapat dengan cepat membuat tema khusus berdasarkan subjek, suasana hati, gaya visual, dan warna yang mereka pilih.

Untuk membuat wallpaper dengan AI, pengguna dapat mengunjungi menu pada panel sebelah kanan dan memilih “Customize Chrome”.

Setelah itu, mereka cukup mengklik “Change Theme” dan kemudian “Create with AI”.

Selain tema yang dihasilkan oleh AI, pengguna juga dapat menyesuaikan Chrome dengan mengunggah foto mereka sendiri atau memilih tema dari koleksi yang tersedia di Web Chrome Store, termasuk tema yang dibuat oleh komunitas seniman.

Help Me Write

Fitur terakhir adalah Help Me Write, yang akan dirilis pada bulan depan.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam proses menulis di situs web.

Untuk menggunakan Help Me Write, pengguna hanya perlu mengklik kanan pada kotak teks atau kolom di situs web yang sedang mereka kunjungi di Chrome, dan memilih fitur “Help Me Write”.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering menulis di platform online, seperti menulis artikel, posting blog, atau mengisi formulir online.

Dengan bantuan Help Me Write, pengguna dapat memperbaiki ejaan, tata bahasa, dan memberikan saran penulisan yang lebih baik secara instan.

Google tidak hanya akan menghadirkan Experimental AI, tetapi juga akan memperkenalkan AI generatif lainnya di masa depan.

Perusahaan ini berencana untuk mengintegrasikan model AI baru yang disebut Gemini ke Chrome pada tahun 2024.

Dalam tiga fitur ini, Chrome semakin memperkuat posisinya sebagai browser yang cerdas dan dapat membantu pengguna dalam berbagai aktivitas online.

Meskipun fitur-fitur AI ini masih dalam tahap eksperimental, Google terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka.

Dengan adanya Tab Organizer, AI Wallpaper, dan Help Me Write, pengguna Chrome akan mendapatkan fitur-fitur baru yang menarik dan berguna untuk membantu mereka dalam mengelola tab, mempersonalisasi tampilan browser chrome, dan menulis dengan lebih baik di situs web.

ikuti kami di google news