Berita

Beberapa Cara Mengembalikan Marketplace Facebook Diblokir

Avatar of Ahmad Azzam
306
×

Beberapa Cara Mengembalikan Marketplace Facebook Diblokir

Sebarkan artikel ini
Beberapa Cara Mengembalikan Marketplace Facebook Diblokir

Betang.id – Facebook menyediakan layanan marketplace di platformnya sebagai sarana jual beli produk bagi penggunanya. Namun, pengguna harus mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan agar akun ini tidak diblokir permanen dari fitur marketplace.

Berbagai alasan dapat menyebabkan pemblokiran, termasuk pelanggaran terhadap produk yang dijual. Facebook sendiri sudah menetapkan secara jelas barang-barang apa saja yang tidak boleh dijual di marketplace.

Jika kamu tetap mempromosikan produk yang dilarang tersebut, kemungkinan besar akun kamu akan diblokir permanen. Artikel ini akan menjelaskan cara mengembalikan marketplace di Facebook yang diblokir serta beberapa penyebab umum mengapa akun marketplace bisa diblokir.

Penyebab Marketplace Facebook Diblokir

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa marketplace di Facebook bisa diblokir:

1. Mempromosikan iklan menggunakan foto yang sama secara terus-menerus. Hal ini akan dianggap sebagai tindakan spamming oleh pihak Facebook. Untuk menghindari blokir, pastikan kamu menggunakan foto-foto yang bervariasi saat memposting iklan kamu.

2. Menjual produk yang dilarang oleh Facebook, seperti obat-obatan, narkoba, suplemen palsu, prostitusi, senjata binatang hidup, dan barang terlarang lainnya di kolom iklan.

3. Pelanggaran penulisan deskripsi iklan, bisa saja karena tulisannya kamu buat menyinggung pengguna Facebook lain sehingga mereka akan melaporkannya agar marketplace kamu diblokir.

4. Spamming di bagian deskripsi produk, hal ini bisa terjadi jika kamu mengulang kata atau kalimat yang sama berulang-ulang, dan membuat pengguna Facebook merasa terganggu. Untuk menghindari blokir, gunakan frasa yang unik dan kalimat menarik saat menulis deskripsi produk kamu.

Cara Mengembalikan Marketplace untuk Penjual

Jika akun marketplace kamu diblokir, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengembalikannya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Mencari Barang melalui Grup

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari produk iklan yang kamu unggah. Jika iklan yang diblokir sudah ditemukan, segera cari tahu apa yang membuat iklan marketplace tersebut diblokir. Notifikasi tulisan berwarna merah akan muncul pada produk yang telah diblokir.

2. Ajukan Formulir Banding

Setelah menemukan iklan yang dimaksud, ajukan banding ke pihak Facebook. Pastikan kamu benar-benar tidak melakukan pelanggaran, sehingga pihak Facebook dapat mengembalikan fitur marketplace.

3. Menunggu Proses Banding

Setelah mengajukan banding, sistem Facebook membutuhkan waktu untuk memproses pengajuan tersebut. Kamu hanya tinggal menunggu balasan dari Facebook. Biasanya, Facebook akan memberikan balasan dalam waktu sekitar 24 jam.

4. Cek Balasan Facebook

Pastikan kamu memeriksa update mengenai pengajuan banding dari Facebook. Jika ada balasan, akan ada informasi apakah pengajuan banding diterima atau ditolak. Jika ditolak, barang jualan kamu akan dihapus dari marketplace. Namun, jika pengajuan banding diterima, produk akan kembali ditampilkan di marketplace.

Cara Mengembalikan Marketplace untuk Pembeli

Tidak hanya penjual yang bisa mengalami pemblokiran fitur marketplace, pembeli juga bisa mengalami hal yang sama. Berikut adalah cara mengembalikan marketplace untuk pembeli:

1. Keluar dari Aplikasi Facebook

Buka aplikasi Facebook di perangkat yang kamu gunakan dan keluar dari halaman Facebook tersebut.

2. Matikan Koneksi Internet

Matikan koneksi jaringan internet, baik itu data seluler maupun Wi-Fi.

3. Masuk kembali ke Halaman Marketplace

Selanjutnya, masuk kembali ke halaman marketplace Facebook.

4. Hidupkan Kembali Koneksi Internet

Hidupkan kembali koneksi internet pada perangkat kamu. Marketplace akan muncul kembali dan kamu dapat melihat iklan yang sebelumnya tidak muncul.

Jika iklan yang dimaksud tidak lagi ada di marketplace atau telah dihapus oleh penjual, kamu tidak dapat mengaksesnya lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi tim layanan Facebook melalui fitur “Hubungi Kami” pada bagian marketplace yang terblokir. Ajukan keluhan dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengembalikan akses marketplace.

Kesimpulan

Mengembalikan marketplace yang diblokir di Facebook dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan kamu mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Facebook agar menghindari pemblokiran fitur marketplace. Selalu periksa barang-barang yang kamu jual dan pastikan tidak ada pelanggaran aturan yang dilakukan.

ikuti kami di google news