Tips and Trik

8 Website Pembuat Portofolio Gratis untuk Pemula dan Pro

Avatar of Ahmad Azzam
250
×

8 Website Pembuat Portofolio Gratis untuk Pemula dan Pro

Sebarkan artikel ini
8 Website Pembuat Portofolio Gratis untuk Pemula dan Pro

Betang.id – Memiliki portofolio yang baik dan menarik sangat penting dalam dunia pekerjaan. Portofolio merupakan ringkasan tentang hasil kerja kita dan memberikan gambaran kepada calon pemberi kerja tentang apa yang kita bisa lakukan.

Membuat portofolio secara profesional memang membutuhkan investasi waktu dan upaya, tetapi dengan adanya website pembuat portofolio gratis, kita dapat membuatnya dengan mudah dan gratis.

Berikut ini adalah daftar website pembuat portofolio yang cocok digunakan oleh pemula hingga profesional.

Website Pembuat Portofolio Gratis

1. Canva – Platform Pembuat Desain Multifungsi

Canva bukan hanya platform untuk membuat desain logo, banner, pamflet, dan sebagainya, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat portofolio. Meskipun kita tidak memiliki keahlian khusus, Canva menyediakan template desain yang dapat kita pilih dan edit sesuai keinginan.

2. Behance – Kumpulan Portofolio dari Desainer Profesional

Behance adalah salah satu website yang sangat populer dan sering digunakan oleh desainer profesional. Selain sebagai pembuat portofolio, kita juga dapat menemukan portofolio dari desainer lain sebagai referensi. Hal ini karena Behance banyak digunakan oleh komunitas desain.

3. Adobe Portfolio – Platform Pembuat Portofolio dengan Integrasi Behance

Jika Canva dan Behance belum cukup memenuhi kebutuhan kita, kita dapat menggunakan Adobe Portfolio. Website ini memungkinkan kita untuk membuat portofolio pribadi yang keren. Kelebihannya, kita dapat menyinkronkan pembaruan desain ke Behance secara gratis dan mengimpor proyek desain di Behance dengan mudah.

4. Clippings.me – Website Pembuat Portofolio untuk Para Penulis

Clippings.me cocok digunakan oleh para penulis seperti SEO Writer, blog writer, atau freelancer di bidang tulisan kreatif. Website ini memungkinkan kita untuk mencantumkan bio singkat, memilih desain, dan mengunggah portofolio tanpa batasan.

5. Dribbble – Situs Gratis Untuk Membangun Portofolio Desain

Dribbble adalah situs yang sangat cocok digunakan oleh desainer untuk membangun portofolio. Setiap orang dapat mengatur portofolio mereka melalui Dribbble dengan membuat akun terlebih dahulu. Selain itu, Dribbble juga memungkinkan kita untuk terhubung dengan desainer grafis lainnya seperti media sosial.

6. Coroflot – Platform Mencari Desainer dan Profesional Lainnya

Coroflot ditargetkan untuk perusahaan yang mencari desainer atau profesional di bidang mereka. Banyak desainer, fotografer, dan seniman yang menggunakan website ini untuk membangun portofolio mereka. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun di Coroflot dan kemudian membangun profil portofolio di website tersebut.

7. Carbonmade – Menghubungkan Para Desainer dan Berbagi Karya

Carbonmade sangat membantu desainer untuk bertemu dengan desainer berbakat lainnya, berbagi karya, dan berkomunikasi. Website ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta menyediakan belasan juta gambar dan lebih dari 1 juta portofolio.

8. Pinterest – Membuat Portofolio dengan Mudah

Selain sebagai website penyedia gambar, Pinterest juga dapat digunakan untuk membuat portofolio. Karya-karya kita akan dimasukkan ke dalam folder kategori tertentu, sehingga orang lain dapat melihat dan mengenal karya-karya kita.

Pilihlah Website Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kita

Dari daftar website pembuat portofolio di atas, kita dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Canva, Behance, dan Adobe Portfolio cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula maupun profesional. Clippings.me dan Carbonmade lebih fokus kepada penulis dan desainer, sedangkan Dribbble dan Coroflot lebih ditujukan untuk para desainer.

Terakhir, Pinterest dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin membuat portofolio dengan mudah.

Dengan adanya website pembuat portofolio ini, kita dapat dengan mudah membuat portofolio yang menarik dan profesional tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Kita dapat mengaksesnya melalui PC, laptop, atau HP karena website-website tersebut sudah dilengkapi dengan fitur keren dan canggih yang mendukung proses pembuatan portofolio.

Jadi, tunggu apalagi? Mulailah membuat portofolio yang menarik dengan menggunakan salah satu dari website tersebut!

ikuti kami di google news