Tips and Trik

5 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Xiaomi Yang Ampuh

Avatar of admin
374
×

5 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Xiaomi Yang Ampuh

Sebarkan artikel ini
5 Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Xiaomi Yang Ampuh

Betang.id – Cara mengatasi hp restart sendiri Xiaomi bukanlah suatu hal yang harus ditangani oleh tukang service. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, karena memang ada beberapa solusi ampuh untuk mengatasinya. Jika sekarang kamu mengalami hal tersebut, maka bisa disimak uraian selengkapnya sebagai berikut.

Hp restart sendiri adalah masalah yang sangat menjengkelkan. Ini mengganggu ketika sedang asyik bermain game, nonton video favorit ataupun lainnya. Sama seperti ponsel lainnya, hp Xiaomi juga tidak lepas dari masalah restart sendiri.

Tentu ada beberapa penyebab hp Xiaomi restart sendiri. Mulai dari memori internal penuh, sampai suhu ponsel yang panas.

Ingin tahu bagaimana cara mengatasi hp restart sendiri Xiaomi? Mari disimak uraian selengkapnya sebagai berikut.

Penyebab Hp Xiaomi Reboot Sendiri

1. Memori Internal Penuh

Penyebab paling umum dari hp yang reboot sendiri adalah memori internal sudah penuh. Kondisi ini membuat sistem error dan tidak bisa menulis di memori internal ponsel.

Sehingga, hp Xiaomi restart sendiri setiap kali pengguna membuka aplikasi tertentu dan memakainya dengan durasi cukup lama.

Coba diingat-ingat kembali, file apa saja yang kamu simpan di memori internal. Apakah semua file tersebut mampu ditampung oleh memori internal atau membuatnya sesak.

2. File Sampah Terlalu Banyak

Selain aplikasi, video, foto dan musik, memori internal kamu juga bisa penuh karena adanya file sampah. Ini tercipta seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan dan proses copot pemasangan aplikasi di hp Xiaomi.

Ketika file sampah menumpuk terlalu banyak, maka bisa membuat kinerja CPU, GPU dan RAM menjadi terganggu.

Padahal, komponen-komponen tersebut dibutuhkan agar hp Xiaomi bisa digunakan dengan normal. Kalau bermasalah, maka sudah sewajarnya jika sering restart sendiri.

3. Suhu Hp yang Terlalu Panas

Penyebab Xiaomi restart sendiri saat main game adalah suhu ponsel terlalu panas atau overheat. Pada kondisi ini memang rentan membuat sistem di hp macet dan terganggu.

Suhu hp panas berpotensi mengacaukan seluruh sistem hp. Coba kamu ingat-ingat kembali, bagaimana ponsel yang awalnya lancar bermain game tiba-tiba mengalami frame seiring lamanya bermain.

Jika ponsel yang panas masih dipaksa bermain game, sudah pasti membuatnya restart sendiri. Sistem ponsel sudah mencapai batasnya, sedangkan game adalah beban kerja yang berat.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan dilatarbelakang membebani RAM dan membuatnya cepat penuh. Terlebih lagi ada banyak aplikasi yang berjalan, sudah pasti RAM di hp Xiaomi kamu terbebani.

Karena tidak sanggup lagi menanggung beban yang diberikan oleh pengguna, memaksanya harus restart sendiri. Dengan demikian, ponsel bisa menjalankan tugasnya kembali.

5. Kerusakan Sistem Akibat Proses Root

Sebagian pengguna ponsel tergiur dengan kelebihan dan kebebasan akses setelah root, sehingga memutuskan untuk melakukannya. Mereka ingin menginstall custom ROM, backup & restore penuh, sampai akses ke aplikasi khusus root.

Namun, mereka tidak mempertimbangkan bahwa ada risiko yang bisa saja merusak sistem. Salah satunya adalah menyebabkan hp Xiaomi restart sendiri.

Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri Xiaomi

1. Hapus File Tidak Penting di Hp

Jangan membuat memori internalmu sesak dengan video, musik dan foto yang tidak penting. Hapus secara bijak agar memori internal tersisa banyak dan lega.

Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kartu SD sebagai tempat penyimpanan file foto, video dan musik.

2. Hapus File Sampah Secara Rutin

Di hp Xiaomi sudah dibekali tools untuk membersihkan sampah akibat aktivitas sehari-hari, namanya adalah Pembersih.

Buka aplikasi Pembersih, tunggu proses pemindaian dan klik Bersihkan. Maka file sampah selesai dihapus.

3. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Cara mengatasi hp restart sendiri Xiaomi berikutnya adalah menghapus aplikasi-aplikasi tidak penting. Ini sangat ampuh karena mengurangi kapasitas internal, sekaligus aplikasi yang berjalan dilatarbelakang.

Sehingga, memori internal dan beban kerja RAM semakin ringan. Mencegah munculnya error seperti hp Xiaomi restart sendiri karena kelebihan beban kerja.

4. Hapus Cache Aplikasi

Apakah kamu sudah menghapus aplikasi tidak penting dan memori internal masih cepat penuh? Solusinya adalah menghapus cache, bukan aplikasinya.

Untuk menghapus cache aplikasi di hp Xiaomi, ikuti panduan berikut:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Klik Aplikasi dan pilih Kelola Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang berukuran besar, YouTube misalnya.
  • Klik Hapus Data, pilih Hapus Cache.
  • Selesai.

5. Update OS di Hp Xiaomi

Solusi terakhir dari masalah ini adalah memperbaharui OS ke versi terbaru, siapa tahu bug restart sendiri berasal dari sana. Kamu bisa langsung membuka menu Pengaturan, klik Tentang Telepon dan pilih Perbaharui.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai penyebab dan cara mengatasi hp restart sendiri Xiaomi. Semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua.

ikuti kami di google news