Tips and Trik

4 Cara Menyambungkan Laptop ke Internet Melalui Wifi Secara Mudah

Avatar of admin
362
×

4 Cara Menyambungkan Laptop ke Internet Melalui Wifi Secara Mudah

Sebarkan artikel ini
4 Cara Menyambungkan Laptop ke Internet Melalui Wifi

Betang.id – Pada saat ini, hampir semua laptop telah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi yang memudahkan pengguna untuk terhubung ke internet.

Namun, bagi pemilik laptop yang belum terbiasa atau belum mengetahui cara menyambungkan laptop ke internet melalui Wi-Fi, mungkin beberapa langkah yang diperlukan akan terlihat rumit.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk menyambungkan laptop ke internet melalui Wi-Fi dengan mudah dan tanpa kendala. Berikut adalah lima langkah yang perlu diikuti:

Cara Menyambungkan Laptop ke Internet Melalui Wifi

1. Menggunakan Ikon Wi-Fi

Langkah pertama dan paling mudah untuk menyambungkan laptop ke internet melalui Wi-Fi adalah dengan menggunakan ikon tombol Wi-Fi.

Caranya adalah dengan menemukan tombol yang memiliki gambar khas dari Wi-Fi, yaitu gambar tiang pencari sinyal.

Cukup dengan menekan tombol ini pada keyboard laptop, maka indikator Wi-Fi akan menyala. Jika ingin mematikan sinyal Wi-Fi, cukup tekan kembali tombol tersebut.

2. Menggunakan Fitur Windows Mobility Center

Jika tombol Wi-Fi tidak ditemukan pada keyboard laptop, pengguna dapat mencoba cara lain untuk menyambungkan laptop ke internet. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur Windows Mobility Center. Namun, langkah ini hanya dapat dilakukan jika laptop sudah memiliki wireless card. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pada laptop yang menggunakan Windows 7, cari tombol “Start” pada taskbar di bagian kiri. Klik tombol tersebut, kemudian pilih opsi “Control Panel”. Setelah itu, cari opsi yang bertuliskan “Adjust commonly used mobility settings” yang terletak di bagian bawah grup “Hardware and Sound” di dalam menu “Control Panel”.
  • Jika opsi ini ditemukan, akan muncul jendela dengan berbagai ikon fitur laptop. Cari gambar Wi-Fi, dan pilih tombol yang tertulis “Turn wireless on”. Setelah tombol tersebut diklik, tunggu prosesnya. Perhatikan taskbar di bagian kanan. Jika logo wireless muncul, berarti Wi-Fi sudah aktif.
  • Untuk laptop yang menggunakan Windows 8, langkah pertama sedikit berbeda. Arahkan kursor ke pojok kanan monitor agar muncul menu “Settings”. Setelah itu, pilih “Control Panel” dan lanjutkan langkah seperti pada Windows 7.

3. Mengatur Adapter Wi-Fi

Jika langkah-langkah sebelumnya belum berhasil mengaktifkan koneksi Wi-Fi, ada cara lain yang dapat dicoba. Langkah ini melibatkan pengaturan adapter Wi-Fi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hubungkan terlebih dahulu adapter Wi-Fi ke laptop.
  • Buka menu “Start” dan pilih “Control Panel”.
  • Cari dan buka grup “Network and Internet” untuk memilih jenis “Network and Sharing Center”.
  • Pilih menu “Adapter Settings” dan klik kanan pada gambar wireless di laptop.
  • Sesuaikan dengan jaringan Wi-Fi yang digunakan, kemudian pilih “Enable”.

4. Menggunakan Taskbar

Cara berikutnya untuk menyambungkan laptop ke internet melalui Wi-Fi adalah melalui menu taskbar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Cari gambar yang memiliki tulisan Wi-Fi pada taskbar. Gambar ini biasanya berada di bagian bawah sebelah kanan.
  • Pilih jenis hotspot yang ingin disambungkan.
  • Klik tombol “Connect” di bagian bawah hotspot.
  • Masukkan password dan klik “OK”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyambungkan laptop ke internet melalui Wi-Fi dengan mudah.

Meskipun setiap merek laptop memiliki sedikit perbedaan dalam tata cara menyambungkan Wi-Fi sebagai jaringan internetnya, langkah-langkah umum ini dapat diterapkan pada sebagian besar laptop.

ikuti kami di google news