Laptop

3 Cara Mudah Melihat Tipe Laptop Acer yang Digunakan

Avatar of Ahmad Azzam
268
×

3 Cara Mudah Melihat Tipe Laptop Acer yang Digunakan

Sebarkan artikel ini
3 Cara Mudah Melihat Tipe Laptop Acer yang Digunakan

Betang.id – Acer merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sangat populer dalam penjualannya perangkat komputer, PC, dan laptop. Namun, sebagian pengguna mungkin sudah lupa mengenai tipe laptop Acer yang mereka miliki. Penting bagi pengguna untuk mengetahui tipe laptop mereka agar dapat mencari driver yang sesuai dan memaksimalkan penggunaan laptop tersebut.

Untungnya, pada laptop Acer yang menjalankan sistem operasi Windows, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melihat tipe dan model laptop dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga cara mudah untuk melihat tipe laptop Acer yang digunakan.

Cara Mudah Melihat Tipe Laptop Acer yang Digunakan

1. Lihat Dari Dus Penjualan

Cara paling mudah untuk melihat tipe laptop Acer adalah melalui dus penjualan laptop tersebut. Jika Anda masih menyimpan dusnya, tipe laptop biasanya ditulis pada bagian samping atau belakang dus, dekat dengan barcode, nomor seri, dan spesifikasi umum lainnya. Informasi pada dus penjualan berguna bagi pembeli baru untuk mengetahui tipe laptop dan spesifikasi penting seperti prosesor, RAM, dan penyimpanan internal sebelum memutuskan untuk membelinya.

2. Gunakan DirectX Diagnostic Tool

Cara selanjutnya adalah menggunakan DirectX Diagnostic Tool. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows Key + R secara bersamaan di keyboard untuk membuka kotak dialog Run.
  • Ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol OK.
  • Pada tab System, Anda dapat melihat tipe laptop Acer pada bagian System Model.

DirectX Diagnostic Tool adalah sebuah alat diagnosis bawaan sistem operasi Windows yang digunakan untuk menguji fungsionalitas DirectX dan memecahkan masalah terkait video dan suara. Tool ini dapat menyimpan file teks yang berisi hasil pemindaian sistem Anda. Selain tipe laptop, Anda juga dapat menemukan informasi lain seperti merek, versi BIOS, prosesor, RAM, GPU, Sound Card, versi DirectX, dan lain-lain.

3. Buka System Information

Cara ketiga adalah menggunakan fitur System Information yang dapat diakses melalui menu Start. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik logo Windows di bagian Taskbar untuk membuka menu Start.
  • Ketik “System Information” (tanpa tanda kutip) pada kotak pencarian.
  • Klik System Information ketika muncul pada hasil pencarian.
  • Di halaman utama System Summary, Anda akan melihat informasi mengenai tipe laptop Acer yang digunakan.

Selain menggunakan DirectX Diagnostic Tool, Anda juga dapat memanfaatkan fitur System Information yang sudah tersedia pada sistem operasi Windows. Fitur ini memberikan informasi mengenai perangkat seperti hardware, software, kernel, dan lainnya. Dengan menggunakan salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui tipe laptop Acer yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi lain seperti prosesor, RAM, versi sistem operasi, dan versi BIOS yang tersedia pada laptop Acer Anda.

Kesimpulan

Mengetahui tipe laptop Acer yang digunakan adalah informasi penting bagi pengguna untuk mencari driver yang sesuai dan memaksimalkan penggunaan laptop tersebut. Dalam artikel ini, telah dijelaskan tiga cara mudah untuk melihat tipe laptop Acer yaitu melalui dus penjualan, menggunakan DirectX Diagnostic Tool, dan membuka System Information. Dengan menggunakan salah satu dari metode tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang Anda butuhkan tentang tipe laptop Acer yang Anda miliki.

ikuti kami di google news