Tips and Trik

3 Cara Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa Memutar Video

Avatar of Ahmad Azzam
367
×

3 Cara Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa Memutar Video

Sebarkan artikel ini
3 Cara Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa Memutar Video

Betang.id – Masalah HP Tidak Bisa Memutar Video bisa terjadi pada berbagai aplikasi, baik itu galeri maupun platform media sosial. Jika kamu mengalami kendala ini, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Pada artikel ini, kita akan membahas 3 cara mengatasi HP Tidak Bisa Memutar Video beserta penyebabnya.

Cara Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa Memutar Video

1. Masalah Format File Video

Setiap HP memiliki spesifikasi format video yang berbeda-beda. Beberapa format video umum yang digunakan adalah 3gp, mp4, mpv, dan mov. Jika kamu mendownload atau mentransfer file video dengan format yang tidak didukung oleh HP kamu, maka HP tidak dapat memutar video tersebut. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah format file video tersebut.

Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk mengkonversi format file video, seperti website video converter atau aplikasi CapCut. Namun, perlu diingat bahwa mengkonversi file video dapat mengurangi kualitas video tersebut. Selain itu, masalah format file video juga bisa dipengaruhi oleh aplikasi pemutar video yang kamu gunakan. Jadi, kamu bisa mencoba memutar video menggunakan pemutar video lain yang mendukung berbagai format file video, seperti VLC for Android.

2. Kerusakan pada SD Card

Jika kamu menyimpan video di penyimpanan eksternal, seperti SD Card, mungkin masalah HP Tidak Bisa Memutar Video disebabkan oleh kerusakan pada SD Card atau tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba menggunakan kartu SD lain atau memindahkan video ke penyimpanan internal HP.

Jika kartu memori kamu rusak, kamu mungkin perlu melakukan format atau menggantinya. Namun, perlu diingat bahwa melakukan format pada kartu SD akan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Jadi, pastikan kamu sudah mencadangkan file-file penting sebelum melakukannya.

3. Adanya Bug

Bug atau kesalahan pada sistem operasi HP atau aplikasi pemutar video juga bisa menyebabkan video tidak dapat diputar. Bug ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti kesalahan pemrograman, masalah kompatibilitas, atau konflik dengan perangkat lunak lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah ini:

Tutup Paksa Aplikasi Pemutar Video

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menutup paksa aplikasi pemutar video yang tidak dapat terbuka. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada HP Tidak Bisa Memutar Video.

Reboot Ponsel

Jika masalah HP Tidak Bisa Memutar Video belum teratasi setelah menutup aplikasi pemutar video, maka metode selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah reboot ponsel. Jika setelah reboot ponsel kamu masih tidak dapat memutar video, kemungkinan masalah ada pada file video tersebut.

Demikianlah 3 cara mengatasi HP Tidak Bisa Memutar Video beserta penyebabnya. Jika kamu mengalami kendala ini, cobalah salah satu cara di atas dan semoga masalah kamu dapat teratasi. Jika masalah masih persisten, kamu bisa mencari bantuan dari teknisi atau menghubungi pihak layanan pelanggan.

ikuti kami di google news