Tips and Trik

3 Cara Membatalkan Printer yang Sedang Berjalan Mencetak

Avatar of Ahmad Azzam
342
×

3 Cara Membatalkan Printer yang Sedang Berjalan Mencetak

Sebarkan artikel ini
3 Cara Membatalkan Printer yang Sedang Berjalan Mencetak

Betang.id – Printer merupakan perangkat yang sangat penting dalam kegiatan mencetak. Namun, terkadang kita ingin membatalkan proses pencetakan yang sedang berjalan, terutama jika terdapat kesalahan pada halaman yang sedang dicetak. Mencabut kabel atau menekan tombol power secara paksa bukanlah solusi yang tepat, karena hal tersebut bisa merusak printer atau menyebabkan proses mencetak tetap dilanjutkan ketika printer dinyalakan kembali.

Untuk membatalkan atau menghentikan proses pencetakan dengan optimal, kita perlu melakukannya melalui sistem Windows agar tidak ada lagi antrean cetak yang tertunda. Berikut ini adalah cara untuk membatalkan printer yang sedang berjalan mencetak:

Cara Membatalkan Printer yang Sedang Berjalan Mencetak

1. Gunakan Taskbar

  • Pada bagian kanan bawah Taskbar, tekan tombol panah ke atas untuk memunculkan lebih banyak ikon.
  • Pilih ikon Printer.
  • Pada kotak dialog yang muncul, klik kanan pada proses pencetakan yang ingin dibatalkan.
  • Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Cancel.
  • Proses pencetakan pada printer akan dibatalkan.

Meskipun proses pembatalan printer berhasil dilakukan, terkadang hal ini dapat menyebabkan printer tidak dapat mencetak atau muncul pesan error saat mencoba mencetak kembali. Jika hal ini terjadi, kamu dapat mencoba untuk mematikan printer terlebih dahulu dan menyalakannya kembali. Selain itu, melakukan restart pada laptop atau PC juga dapat membantu menyegarkan sistem.

2. Gunakan Menu Pop-Up yang Tersedia di Printer

Beberapa merek printer akan menampilkan menu pop-up tersendiri saat memulai pencetakan. Menu ini akan memudahkan kamu dalam menghentikan proses pencetakan.

  • Buka menu pop-up status printer yang muncul saat pencetakan berlangsung.
  • Tekan tombol “Cancel” atau “Cancel Printing” pada menu pop-up tersebut.
  • Perlu diingat bahwa tidak semua merek printer menyediakan menu pop-up status pencetakan. Oleh karena itu, trik ini hanya berlaku jika menu pop-up muncul.

3. Batalkan Dengan Menekan Tombol Cancel pada Aplikasi

Jika kamu menggunakan Microsoft Word atau aplikasi lain untuk membuat dokumen dan baru saja memulai mencetak, kamu bisa membatalkan printer dengan menekan tombol “Cancel” yang biasanya berupa ikon “x” di bagian bawah halaman aplikasi.

Selalu Periksa Kembali Sebelum Mencetak

Untuk menghindari repotnya membatalkan printer saat sedang berjalan, yang tentunya akan membuang tinta dan kertas, sebaiknya selalu periksa dokumen dengan seksama sebelum mencetak. Pastikan bahwa semua yang ingin dicetak sudah benar secara menyeluruh. Hal ini akan membantu menghindari kesalahan yang bisa terjadi selama proses pencetakan.

Kesimpulan

Memiliki pengetahuan mengenai cara membatalkan printer yang sedang berjalan mencetak sangat penting untuk mengatasi kesalahan atau perubahan yang perlu dilakukan pada dokumen sebelum proses pencetakan selesai. Menggunakan ikon printer di Taskbar, menu pop-up printer, atau tombol Cancel pada aplikasi adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghentikan printer dengan optimal. Selain itu, selalu periksa kembali dokumen sebelum mencetak untuk menghindari kesalahan. Dengan memahami cara-cara ini, kita dapat mencetak dokumen dengan lebih efisien dan menghindari kerugian yang mungkin timbul akibat kesalahan mencetak.

ikuti kami di google news