Tips and Trik

2 Cara Mematikan Update Otomatis di iPhone Agar Tidak Mengganggu

Avatar of admin
361
×

2 Cara Mematikan Update Otomatis di iPhone Agar Tidak Mengganggu

Sebarkan artikel ini
2 Cara Mematikan Update Otomatis di iPhone Agar Tidak Mengganggu

Betang.id – Cara mematikan update otomatis di iPhone adalah satu hal penting yang harus diketahui oleh sebagian pengguna. Khususnya bagi mereka yang ingin lebih menghemat kuota internet dan menggunakan iPhone dengan nyaman. Jika bicara tentang update otomatis, maka ada dua hal di iPhone. Yaitu update aplikasi di App Store dan iOS.

Update otomatis berfungsi untuk memudahkan pengguna mendapatkan fitur terbaru tanpa harus melakukan update secara manual. Baik itu fitur dari iOS ataupun aplikasi yang diinstall di ponsel mereka.

Namun, setiap kali update iOS dan aplikasi ke versi terbaru pasti membutuhkan banyak kuota internet.

Kamu ingin tahu bagaimana cara mematikan update otomatis di iPhone? Mari disimak uraian berikut.

Cara Mematikan Update Otomatis di iPhone dengan Mudah

Dalam beberapa kasus, pengguna merasa terganggu dengan iPhone yang tiba-tiba reboot atau memulai ulang karena baru selesai mengupdate iOS. Padahal, mereka sedang seru-serunya bermain game atau mengadakan rapat penting.

Disisi lain, pengguna iPhone merasa kuota internetnya cepat habis padahal hanya dipakai untuk browsing ringan. Mereka tidak sadar bahwa kuota internet tersebut dipakai untuk update iOS dan aplikasi di App Store secara otomatis.

Semakin banyak aplikasi yang diinstall, maka semakin besar pula kuota yang dibutuhkan.

Bagi kalian yang mengalami salah satu kasus diatas atau keduanya, maka harus tahu cara mematikan update otomatis di iPhone.

Cara Mematikan Pembaruan Perangkat Lunak iOS

Pembaruan perangkat lunak iOS berguna untuk mengatasi berbagai bug yang muncul di versi sebelumnya dan biasanya diiringi dengan update fitur terbaru. Oleh karena itu, update iOS otomatis biasanya aktif dan disarankan.

Namun, jika pengguna sudah merasa nyaman dengan iOS versi saat ini dan merasa tidak ada yang bermasalah sebenarnya bisa untuk tidak mengupdate iOS.

Pilihannya kembali kepada pengguna masing-masing. Kalau update pembaharuan otomatis aktif, berarti kapanpun kamu harus siap jika iOS diperbaharui tanpa sepengetahuan.

Sebagian orang merasa terganggu dengan update otomatis tersebut. Kamu juga bisa lho mematikan pembaruan perangkat lunak iOS otomatis. Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah:

  • Pertama, buka menu Setting di iPhone.
  • Kemudian pilih opsi General.
  • Klik Software Update.
  • Klik Automatic Update.
  • Klik sakelar pada Install iOS Update. Yang tadinya berwarna hijau, menjadi putih.
  • Selesai.

Jika kamu belum mengupdate iOS ke versi terbaru, biasanya akan muncul notifikasi pengingat agar segera memperbaharuinya. Notifikasi seperti ini muncul berulangkali dan cukup mengganggu.

Jangan khawatir, kamu juga bisa lho menonaktifkan notifikasi pembaharuan iOS seperti dibawah:

  • Buka menu Setting atau Pengaturan di iOS.
  • Kemudian scroll ke bawah, pilih opsi Notifikasi.
  • Akan muncul banyak pilihan, klik App Store.
  • Dibagian Izinkan Pemberitahuan, matikan.
  • Selesai.

Sekarang kamu tidak lagi mendapat pemberitahuan jika ada versi iOS terbaru.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di iPhone

Selain pembaruan perangkat lunak iOS, masalah lain yang juga sering dialami oleh pengguna iPhone adalah download aplikasi otomatis di App Store.

App Store otomatis mengunduh pembaharuan aplikasi yang terinstall di ponsel pengguna. Apakah ini mengganggu? Tergantung pengguna sebenarnya.

Jika pemilik iPhone masih mengandalkan paket data untuk mengakses internet, tentu bisa membuat mereka tekor.

Lain cerita jika sudah memiliki WiFi di rumah, maka tidak masalah. Karena pembaharuan dilakukan lewat WiFi yang bebas dari batas kuota internet.

Untuk mematikan download aplikasi otomatis di iPhone, silahkan ikuti beberapa langkah dibawah:

  • Pertama, buka menu Pengaturan di iPhone.
  • Klik App Store.
  • Perhatikan bagian Automatic Download, matikan sakelar untuk Pembaharuan Aplikasi.
  • Selesai.

Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengaktifkan kembali update otomatis aplikasi di iPhone, maka bisa mengikuti tutorial diatas dan menghidupkan sakelar pada Pembaharuan Aplikasi.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mematikan update otomatis di iPhone yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan download aplikasi otomatis atau pembaharuan iOS.

Kamu bisa memperbaharui aplikasi secara manual di App Store sesuai kebutuhan. Sehingga, tidak semua aplikasi diperbaharui ke versi terbaru melainkan hanya yang dianggap penting.

Sementara itu, untuk pembaharuan iOS kamu juga harus mengupdate secara manual. Sehingga lebih bebas menentukan pilihan apakah ingin mengupdate atau tidak.

ikuti kami di google news