Smartphone

13 Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP yang Kebagian!

Avatar of Ahmad Azzam
316
×

13 Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP yang Kebagian!

Sebarkan artikel ini
13 Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP yang Mendapatkannya

Betang.id – One UI 6.1 adalah antarmuka sistem terbaru dari Samsung yang diluncurkan bersamaan dengan seri perangkat Galaxy S24.

Namun, tidak hanya perangkat Galaxy S24 saja yang mendapatkan pembaruan ini.

Beberapa perangkat lawas dari Samsung juga akan mendapatkan berbagai peningkatan yang dibawanya.

Di artikel ini, kita akan membahas 13 fitur baru yang dimiliki oleh One UI 6.1 beserta daftar HP yang akan mendapatkannya.

Fitur One UI 6.1

1. Circle to Search

Salah satu fitur menarik dari One UI 6.1 adalah Circle to Search. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi lebih mudah dari sebuah objek di dalam gambar. Caranya adalah dengan membuat lingkaran di sekitar objek yang ingin dicari.

2. Live Translate

One UI 6.1 juga memperkenalkan fitur Live Translate yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang dari negara lain melalui panggilan telepon. Fitur ini akan menerjemahkan bahasa dari kedua belah pihak sehingga mereka dapat saling mengerti.

3. Interpreter

Fitur bernama Interpreter juga hadir dalam One UI 6.1. Fitur ini membantu dalam penerjemahan bahasa dengan menampilkan layar terpisah pada perangkat. Hal ini memudahkan pengguna untuk memahami hasil transkripsi yang dilakukan.

4. Chat Assist

One UI 6.1 juga dilengkapi dengan fitur Chat Assist yang terintegrasi dengan Samsung Keyboard. Fitur ini membantu pengguna dalam memperbaiki intonasi dalam sebuah teks, terjemahan pesan, maupun email.

5. Transcript Assist

Fitur Transcript Assist memungkinkan pengguna untuk mengetik, merangkum, dan menerjemahkan hasil rekaman suara. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menggunakan perangkat mereka dengan lebih efisien.

6. Note Assist

One UI 6.1 juga membawa pembaruan pada aplikasi Samsung Note. Dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur Note Assist yang membuat ringkasan, menyederhanakan catatan, dan menghadirkan pratinjau singkat dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

7. Super HDR

One UI 6.1 dilengkapi dengan fitur Super HDR yang memudahkan pengambilan gambar HDR. Fitur ini menampilkan gambar pratinjau sesuai dengan hasil foto yang seharusnya sebelum pengguna menekan tombol Shutter.

8. Generative Edit

Teknologi Generative AI digunakan dalam fitur Generative Edit dalam One UI 6.1. Fitur ini memungkinkan pengguna menghapus obyek, memindahkannya, atau mengisi latar belakang gambar dengan lebih cerdas.

9. Photo Expansion

Fitur Photo Expansion memungkinkan pengguna untuk mengekspansi gambar hingga keluar bingkai dalam aplikasi Samsung Gallery. Dengan bantuan kecerdasan buatan, pengguna dapat mengisi bagian baru gambar dengan mudah.

10. AI-generated Wallpapers

One UI 6.1 juga menyediakan fitur AI-generated Wallpapers yang memungkinkan pengguna untuk membuat wallpaper latar belakang perangkat mereka secara cerdas. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat gambar unik sesuai dengan preferensi mereka.

11. Battery Protection

Dalam One UI 6.1, Samsung memberikan pengaturan baru untuk sistem Battery Protection. Pengguna dapat mengatur pengisian baterai perangkat mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

12. Lock Screen Widgets

One UI 6.1 membawa kembali dukungan untuk memasang widget di layar kunci. Fitur ini sebelumnya sudah ada namun sempat dihapus oleh Samsung beberapa tahun yang lalu. Sekarang pengguna dapat kembali menggunakan fitur tersebut.

13. Quick Share

Melalui kerjasama dengan Google, Samsung mengintegrasikan dukungan Quick Share dengan Nearby Share dalam One UI 6.1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan mudah ke semua perangkat Android, tidak hanya perangkat Samsung Galaxy.

Daftar HP yang Mendapatkan One UI 6.1

Samsung sudah mengonfirmasi bahwa One UI 6.1 akan digunakan pada beberapa perangkat baru maupun lawas mereka di masa mendatang. Berikut adalah daftar beberapa perangkat yang kemungkinan akan mendapatkan pembaruan tersebut:

  • Samsung Galaxy S23
  • Samsung Galaxy S23+
  • Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Samsung Galaxy S23 FE
  • Samsung Galaxy Tab S9
  • Samsung Galaxy Tab S9+
  • Samsung Galaxy Tab S9 Ultra
  • Samsung Galaxy Z Fold 5
  • Samsung Galaxy Z Flip 5

Namun, jumlah perangkat yang akan mendapatkan pembaruan tersebut masih belum diungkapkan secara detail. Kemungkinan akan ada lebih banyak perangkat yang mendapatkan pembaruan One UI 6.1 di masa mendatang.

Kesimpulan

One UI 6.1 adalah antarmuka sistem terbaru dari Samsung yang diluncurkan bersamaan dengan perangkat Galaxy S24.

Fitur-fitur baru yang dimilikinya, seperti Circle to Search, Live Translate, Interpreter, Chat Assist, dan lainnya, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Selain itu, daftar perangkat yang akan mendapatkan pembaruan One UI 6.1 juga semakin bertambah. OnePlus memastikan bahwa One UI 6.1 akan digunakan di beberapa perangkat baru serta lawas mereka di masa mendatang.

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja pada perangkat mereka.

ikuti kami di google news